Hikmah Di Balik Kegagalan 'Bikin COklat Kacang'

Lebaran kemaren, seperti biasa, aku silaturahim ke tempat saudara dan temen. Udah sewajarnya kan kalo lebaran2 gini banyak banget disuguhi berbagai macem kue atau makanan lain. Nah, pas waktu itu aq lg di rumah temen, trs salah satu makanan yang disuguhkan tu, coklat kacang. Aku cobain, trus aku rasa2in. Enak banget, dasarnya aku suka coklat. Terus aku pikir2, kayaknya bahannya cuma coklat ma kacang thok deh. Sampai di rumah, aku langsung buka internet, trus nyari resep coklat kacang tersebut. Dan ternyata emang bener banget, bahannya cuma dark coklat sama kacang doang. Cara bikinnya gampang buangeet, gini ni
  • lelehkan 250gr dark cooking chocolate
  • masukkan 200gr kacang sangrai yang dicincang
  • aduk2 sampai rata
  • cetak (ambil pake sendok) ke dalam cup2 kecil
  • taburi springkle (butiran kayak pasir, warna warni)
  • masukkan ke dalam lemari pendingin
 gampang kan. Kebetulan banget aq masih punya sekotak dark cooking coklat yg 250gr. Tadinya mau tak pake buat bikin brownis kukus (coba2 juga), tp nggak jadi, dan kebetulan nemuin resep coklat kacang yang kayaknya gampang banget. Hari berikutnya aku berencana mbikin kacang coklat tersebut. Karena merasa bisa, ngrasa caranya gampang banget, aq nggak nyari2 dulu cara ngelehin coklat yang bener. Aku pikir asal di tim aja pasti leleh. 
Ya udah, akhirnya aku mulai membuat. Coklatnya aku potong2 jadi potongan kecil. trs aku masukkan dalam panci kecil. Setelah itu aku memanaskan air dengan panci lain yang lebih besar. Setelah mendidih, aku masukkan panci kecil berisi coklat ke dalam panci berisi air mendidih. Karena ukuran panci tidak terpaut jauh, aku susah untuk memegang panci kecil berisi coklat. Akhirnya panci kecil goyang2 mulu, sampe kemasukan air segala. aku pikir nggak masalah. Sampai akhirnya aku panik, kok coklatnya nggak cair2 sih. Coklatnya tu jagi menggumpal dan agak keras. Emang sih bentuknya udah nggak kotak2 lagi, tp nggak bisa cair gitu. Karena nggak tahu, aku tetep masak aja tu coklat, udah lama di tim, tetep aja nggak mau cair. Baru setelah sadar kalo ada kesalahan dalam nge tim, aku baru mbuka internet, trus nyari cara buat nglelehin coklat.
Woalahh, ternyata salah besar caraku..
Ternyata nggak boleh ada uap air, apa lagi tetesan air sedikitpun masuk dalam coklat. Jadi sebelum mengetim coklat, pastikan panci wadah coklat kering tanpa ada air setetes pun.
Gunakan panci yang lebih gede sebagai wadah coklat, trus panci lebih kecil buat wadah air. Pake api kecil aja untuk manasin airnya, sekedar sampe coklatnya melunak, matiin api dan biarkan si coklat meneruskan perjalanan lelehnya memanfaatkan sisa2 panas yang ada dibawahnya.
Cara ini memanfaatkan panas uap air panci kecil yang ngumpul & tertahan pantat panci coklat, tanpa ada risiko coklat terciprat air dan terkena uap. Hasilnya, coklat bisa meleleh sempurna dan cantiiik....!

Hualah, karena kebodohanku, ke 'sok tahuan' ku, akhirnya coklat kacang yang harusnya bikinnya mudah jadi gagal deh.. Untungnya coklatku yng menggumpal itu masih bisa dimanfaatin. Kacangnya aku masukin aja ke adonan coklat gagal tsb, trs aku ulet-ulet pake tangan. Walhasil, coklat gagal tsb pada nempel di jari2 tanganku. Agak susah juga jadinya, nyampur kacang ama coklatnya. Trus pas udah nyampur, aku bulet2in pake tangan, aku taruh dalam cup, taburi springkle, trus aku masukin dalam kulkas. Hah, jadi juga.

Beberapa jam kemudian, aq cicipin tu coklat kacang, enak juga kq rasanya, cuman coklatnya agak sangit . haha,, soalnya masaknya kelamaan.

Sebelum ini aku juga punya pengalaman lain. Jadi, aku tu punya usaha musiman kalo pas mau lebaran. Bikin nastar, trus dijual. Lebaran kemaren, aku dapat pesenan kastengel 20 toples. Haduh,, langsung aku tolak deh, soalnya aq blum pernah bikin sekalipun (karna dasarnya emang g suka kastengel). Tp temenku bilang, gak papalah, kan lumayan. Kalo masalah resep kan gampang banget bisa nyari di internet.
Akhirnya aku sangguping deh tu 20 kastengel. Aku nyari resep2 di internet. Bingung juga sih, soalnya beda2 tiap resep. Sampai aku nemuin resep Ny Liem. Banyak testimoni deh buat resep itu. akhirnya pake resep itu. Dan hasilnya, alhamdulillah, berhasil, banyak yang suka, banyak yang bilang enak juga. padahal baru bikin pertama kali.
 

Dari dua pengalaman ts aku bisa belajar, kalau keminter, merasa bisa, pdahal belum pernah nyoba, trus akhirnya nggak mau belajar dulu, akhirnya gagal deh. ^^Yang harusnya mudah, karna nggak mau belajar, jadi malah mempersulit diri sendiri. Sebaliknya, kalau kita ngerasa nggak bisa, tapi mau belajar bener, akhirnya hasilnya bagus, nggak mengecewakan.
^^




Komentar

  1. thanks to Allah, yang udah membelokkan rencanaku dari mau bikin brownis, trs dikasih inspirasi buat bikin coklat kacang. coba kalo aku yg sok tau ini jadi mau bikin brownies., trus cara nglelehin coklatnya kliru.. duh, berantkan semua pastinya..
    :D
    :9

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer