Hiiii,, Takut Ketinggian..

Assalamu'alaikum..

Siapa yang takut ketinggian? Aku,,iya aku.. Bukan berarti orang suka naik gunung trus otomatis nggak takut ketinggian ya. Emang sih gunung tu tinggi, tapi kan ada datarannya juga, jadi nggak mesti ngliat bawah trus jurang gitu. Justru kalo lagi di gunung malah nggak kerasa tuh phobianya.

Padahal juga nih, dulu waktu SMA, aku seriing banget hanging di jembatan, wall, gua vertikal, panjat tebing juga. Dulu biasa2 aja turun dari jembatan, gua pake tali, naik lagi pake alat. Hampir tiap minggu dulu mainannya kayak gitu. Tapi sekarang, liat orang hanging turun dari jembatan aja aku serr2an,, ngiluu rasanya, apalagi pas ngliat ke bawahnya, duh,, bayangan2 buruk berseliweran..haha,, ini pas nulis ini aja aku sampil merinding berdesir-desir..halah.

Ceritanya hari Minggu kemarin, aku sama Wibi (Wibi aja sih sebenernya, aku cuma ngintil) dimintai tolong buat ndampingin anak2 SMA Saba pada mau panjat tebing di Sompok, tempat dulu waktu SMA aku juga sering panjat tebing. Asyik dong, sekalian jalan2. Aku udah niat dari rumah cuma mau ngikut2 aja, jalan2 seneng2 aja. Nggak niat pengen ikutan panjat. Udah nggak begitu minat plantingan kayak gitu.

Sudah lewat masa2 seneng plantingan, gelantungan di jembatan, sekarang pengennya jalan2 aja ke tempat2 yang pemandangannya bagus. Kalo boleh cerita, dulu semasa SMA, kegiatan traveling belum sengetrend sekarang. Dulu belum punya hp, hp kamera belum ada, kamera juga gak punya, media sosial apalagi. Internet aja masih langka. Jadi kegiatan jalan2, berpetualang, naik gunung, susur gua (vertikal, horizontal), panjat tebing, hanging, camping adalah murni karena seneng, suka, tidak ada tendensi untuk upload2 atau pamer2 ke medsos (brarti skrang ada tendensi buat pamer2 dong??nah lho.. :p). Hampir setiap hari minggu ada kegiatan outdoor. Seneng kegiatan, main bareng temen2 yang memang sehobby. Di saat temen sekelas ngajakin nonton, makan2, aku lebih milih 'dolan nang alas'. Lagian ya, uang sakuku pas2 an, mana cukup buat nonton2 segala.



Lagi penjelasan dari Kak Wibi :D
Ini orang kurang kerjaan, tebing dipanjat2 :p

Salah satu kegiatan yang sangat berkesan bagiku adalah caving di gua vertikal Branjang, daerah Parangtritis masih naik. Dulu ke sana diajakin sama kakak2 alumni angkatannya mbakku, yang dia juga ikutan waktu itu. Guanya di tengah 'alas' gitu. Dalem nya sekitar 20meter lebih. Turun pake tali. Gelap gulita, basah, dingin. Satu persatu turun. Tapi nggak cuma sekali itu turunya, masih turun lagi, pake alat juga, trus masih menyusuri lagi di dalem gua yang semakin sempit. Rasanya gelap, sumpek, dingin. Malam itu kita nginep di dasar gua lho temen2. Bayangin aja, dengan masih pake tali webbing di badan, tidur dengan dasar yang nggak rata bebatuan, sempit, baju agak basah kita menghabiskan malam panjang menunggu fajar di dalem gua. Aku memang sudah agak lupa ngapain aja malem itu di sana, Sudah 8 tahun lebih sih. Paginya kita naik, kluar gua. Naini dia yang bikin hampir menyerah. Naiknya juga lewat tali, pake alat acender namanya klo gak salah nulis Jumar dan croll. Capek bangeeett, rasanya nggak nyampe2 atas, beraatt gitu rasanya. Mau nyerah ya gimana, nggak ada jalan keluar lain, mau lanjut capek banget. Akhirnya ya sdikit demi sedikit naik, kalo capek ya brenti istirahat. Pas udah hampir sampe atas, nglewatin batuan yang menonjol, dan harus nglewatin itu pake alat tadi, di sinilah perjuanganku yang paling berat.. Tapi yang jelas akhirnya aku bisa keluar. Buktinya sekarang bisa nulis blog..hehehe.. Ya itulah sekelumit cerita berkesan yang masih samar2 teringat.

Sering juga dulu dicibir temen2 yang dibilang kurang kerjaan lah plantingan di tebing, jembatan; mending di rumah tidur lah; ngapain capek2 naik gunung akhirnya turun juga,bla bla bla.. Tapi cuek aja sih, orang kan kesenengannya beda2, nggak bisa dijelasin, ya seneng aja nglakuinnya. Sama juga kalo aku nggak suka sepak bola, ngapain capek2 ngrebutin satu bola, beli aja sepuluh biji di warung, biar nggak rebutan..haha.. Tapi ya itulah yang namanya hobby, nggak bisa kita ngejudge  kesenengan orang lain sbg sesuatu yang 'kurang kerjaan', aneh, atau apalah itu. Nggak bisa juga kita memaksakan hobby kita untuk disenangi pula oleh orang lain. Ya begitulah hidup, beragam, justru itulah yang membuat indah dan lengkap. :)

Tapi sekarang keadaan sudah berubah. Traveling lagi ngetrend2nya. Tak lain karena menjamurnya media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dll. Orang jadi mudah mengunggah gambar yang banyak orang bisa menikmatinya. Foto2 jalan2, keindahan alam, jadi mudah dinikmati banyak orang. Dan orang2 jadi tertarik untuk mengunjunginya, kemudian mengunggah fotonya pula, dan membuat orang lain juga tertarik untuk datang, begitu seterusnya. Sehingga sekarang kegiatan jalan2 adalah kegiatan yang begitu banyak digemari dari berbagai kalangan. Naik gunungpun sekarang sepertinya juga sangat dinikmati. Setiap naik gunung, selalu saja ramai, banyak barengannya. Nggak seperti dulu jaman SMA atau awal2 kuliah. Buku2 traveling juga menjamur. Untuk di Indonesia, salah satu pelopornya adalah Trinity. Aku punya hampir semua bukunya, dan aku juga koleksi buku2 traveling lain. Ah,, buku2 racun,, meracuni otakku jadi pengen jalan2 terus. :D

Wah jadi ngelantur lagi deh.. Back to the topic  ya.. Iyaa,, jadinya kemarin pas panjat tebing, aku cuma bantuin ngajarin pasang tali tubuh aja. Ngliat orang pada panjat, nikmatin pemandangan, trus naik2 ke perbukitan ngliat pemandangan dari atas. Lumayan bagus juga lho, Cuman karna lagi musim hujan sungai pinggir tebing yang biasanya jernih jadi keruh, langit juga mendung. Seperti biasa, sambil poto2 juga. :D Namanya juga jaman medsos cyiin,, nggak afdol kalo nggak aplod2.. :p




Pemandangan dari atas


Maafkeun kalo saya suka narsis2

Selesai panjat tebing, kita terusan hanging di jembatan Siluk. Berkali2 disuruh nyobain turun sama Wibi. Aduh ampuunn deh, ngliat bawah aja aku mrinding, ngliat anak2 mau turun juga pada takut, pasang alat, bersiap2 mau turun aja aku berdesirr desirr. Ngliat yang udah posisi mluncur apalagi, takutnya belaynya belum siap, trus mak tlunyur jatuh..haha,, parah banget,, sampe segitunya takutnya.. Nggak inget apa jaman dulu mainannya kayak gitu terus. Nggak tau juga nih, knapa sampe segitunya. Karna udah lamaa nggak main, atau karena trauma. Iya, pas flying bee (semacam bungie jump gitulah) aku kan sempet kena kecelakaan kecil, dalam posisi belum siap, badanku terjatuh, sehingga refleks tanganku pegangan tali yang seharusnya itu dilepasin, jadilah jari tengah dan jari manis tangan kiriku cedera. bahkah yang jari tengah agak parah, kulit dan dagingnya ada yang tergerus tali, jadi bentuknya agak 'kroak' gtu.. Oh,,ya ampuuun, aku jadi inget kan peristiwanya, jadi merinding lagi.
ini aku motonya sambil serr2an lho sodara2..


klo liat anaknya pada takut2,, aku jadi ikutan takut.. :p


ini si Botak Wibi. :D


Kalo ini naik, pake alat yang tadi aku bilang jumar itu lho..

Nggak tau karena trauma itu, atau karena kembali ke asal yang memang dulunya takut ketinggian. Mungkin untuk memulihkan rasa takut, harus kembali juga seperti pertama kali hanging dulu. Nekat. Trus setelah itu dibiasain lagi main begituan. Kita lihat saja nanti.

Udah malem ternyata, udah dulu ya ceritanya.

Wassalamu'alaikum..

Komentar

Postingan Populer