(Resume Kulwap)Perkembangan Bahasa Wicara


πŸ“š Resume kulwap grup *Arsitek Peradaban*

🌱 *Perkembangan Bahasa Wicara* 🌱

πŸ“…Sabtu, 13 Mei 2017

Profil Narasumber

πŸ‘©πŸ» Ryan Rahmalia Agustin

🏠Lahir di Jakarta 06 Agustus 1982
Domisili Pulogadung Jakarta Timur

πŸ‘§πŸ» Ibu dari dua orang putri usia 11 tahun dan 8 tahun

πŸš€ Pendidikan
Lulus Akademi Terapi Wicara Tahun 2004

🌎Aktifitas
Praktek Terapi Wicara di Homeschooling BPIM, The Pita @school dan Klinik Psikologi GIERA

🌿🌿🌿

_*Materi Perkembangan Bahasa Wicara*_

*Hakikat Bahasa*

Bahasa ➡ sebuah sistem yang terdiri dari simbol abstrak dan struktur yang diatur oleh aturan tertentu, sebuah konvensi spesifik yang dapat dipelajari (Owens, 1992)

Bahasa➡suatu cara untuk mengekspresikan dan menerima informasi yang berarti. Fungsi utama bahasa adalah _Komunikasi_

Semua manusia pasti melalui proses perkembangan mulai dari bayi, balita, anak, remaja dan tua

*Tahap perkembangan bahasa*

Menurut M.F. Berry dan Jon Eisenson ada 5 tahap perkembangan bahasa
1⃣0-1 ➡ Suara refleks (Reflexive Vocalization)
2⃣1-3 ➡ Meraban (Babbling)
3⃣3-9 ➡ Mengoceh (Lalling)
4⃣  9-12 ➡Mengulang (Echolalia)
5⃣ 12-18 ➡ Bicara benar  (True speech)

*Jumlah pembendaharaan kata menurut usia*
Usia ➡ Jumlah Kata
12 bulan ➡ 1-20 kata
18 bulan➡20-100 kata
24 bulan ➡ 200-300 kata
36 bulan ➡ 900 kata
48 bulan ➡ 1500 kata

*Faktor faktor yang mempengaruhi proses perkembangan*

Persepsi : anatomis dan panca indera
Struktur dan fungsi organ bicara
Kognisi untuk proses pemahaman dan belajar bicara
Lingkungan sekitar, jenis kelamin, dwi bahasa

*Bahasa*
Bahasa Reseptif
- pemahaman
Bahasa Ekspresif
- Pengekspresian  bahasa

*Perkembangan bahasa yang tidak sesuai*

1. Tidak adanya respon terhadap suara pada usia berapapun diperlukan tes pendengaran segera
2. Sebagian besar anak mulai mengucapan kata pertama pada usia 12-13 bulan. Tidak menggunakan kata kata sampai pada usia 24 bulan adalah mengkhawatirkan
3. Sebagian besar anak mulai menggunakan kombinasi 2 kata pada usia 24 bulan apabila ini tidak terjadi sampai usia 3 tahun dibutuhkan evaluasi.
4. Sebagian besar anak mulai mampu berkomunikasi dengan kata kata pada usia 36 bulan tetapi bila ada kesulitan denagn kejelasan bahasa, ekolalia dan kesulitab interaksi sosial dibutuhkan evaluasi

*Gangguan Bahasa*
Reseptif
Kesulitan memahami bahasa dalam konteks secara verbal maupun non verbal
Ekspresif
Kesulitan mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kata2 baik lisan maupun tulisan

*Gangguan Bicara*
- gangguan artikulasi
- gangguan suara
- gangguan lama kelancaran
- gangguan oral motor, gangguan makan dan menelan

*Faktor Lain*
1. Kemampuan seseorang untuk memproses sensory (Sensory Processly)
2. Kemampuan untuk mempersepsikan sensory input (Percepcial Skill)
3. Perilaku (Behavior)

➖➖➖➖➖➖➖➖➖
FP FB: @KomunitasArsitekPeradaban

❓❓❓ *Tanya Jawab*❕❕❕❕

Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan materi tentang Perkembangan Bahasa Wicara normal.
Diawal kita samakan persepsi dahulu, pemahaman tentang bahasa, wicara a.k.a bicara dan komunikasi
Banyak orang yg sering tertukar penggunaan istilah "wicara (speech)" dengan "bahasa (language)". Dapat dilihat pd slide materi bahwa istilah tsb sebenarnya berbeda yaa...
*bahasa* mencakup setiap sarana komunikasi dgn memyimbolkan pikiran dan perasaan utk menyampaikan makna kepada orang lain. Termasuk didalamnya perbedaan bentuk komunikasi yg luas seperti: tulisan, bicara, bahasa simbol, ekspresu wajah, isyarat, atau gerak tubuh

*wicara* adalah bentuk bahasa yg menggunakan artikulasi atau kata2 yg digunakan utk menyampaikan maksud

*komunikasi* berarti suatu pertukaran pikiran dan perasaan. Baik dalam bentuk verbal (ujaran kata2) maupum non verbal (tulisan, simbol gambar, isyarat gerak tubuh) biasanya komunikasi yg efektif adl verbal yaa

1⃣
Anakku usia 2 tahun 2 bulan,tapi bicaranya belum lancar,kata yg muncul hanya sedikit,mamah,papah,mamang,tapi dia lancar dengan bahasa planet istilahnya,dan masih kurang fokus,dia sangat aktif..makanya agak susah untuk diajak komunikasi berdua dengan fokus..bagaimana solusinya ya?terimakasih sebelumnya

Devianti_Cimahi_AP 2

Anak ku cowo 18bulan. Belum ad 1 kata yang diucap dengan jelas. Tp menoleh jika dipanggil dan mengerti jika disuruh. Stimulasi seperti menyanyi, bercerita, dan menekan setiap kata Ma-ma pa-pa sudah dilakukan. Tp anak enggan untuk menirukan. Apa perlu ke dokter tumbang? Stimulasi apa lagi yang perlu saya lakukan? Trimakasih...

Yunidia_Cirebon_AP 2

πŸ“
Saya coba jawab pertanyaan 1⃣ yaa..
Kita kenal 2 jenis bahasa yaitu reseptif (pemahaman) dan ekspresif (pengekspresian bahasa) dan ini idealnya berkembang secara seimbang.  pada usia 2 thn normalnya mampu paham 200-300 kata dan ini bisa lebih banyak jika anak mendapat stimulasi yg tepat, namun bagaimana jika anak belum mencapai? Kita coba analisa terlebih dahulu anak sudah mampu berapa kosakata yg dipahami dan diujarkan. Usia 2 thn seharusnya tahap true speech yaitu 'bicara benar' anak mampu paham ujaran org lain dan mampu berkata2 meskipun bicaranya belum jelas. Jika jumlah kosakata masih sangat dibawah usianya coba sering diajak bicara walaupun kesannya "kurang fokus" tapi coba dengan metode self talk. Kita seolah berbicara sendiri tapi penekanan ujaran & intonasi pada kata yg di latih lebih jelas sambil menunjukkan gambar atau benda konkrit✅

Untuk anak usia 18 bulan, coba pendekatan multisensor (auditory, visual dan taktil kinestetik) jadi selain benyanyi coba dengan mengajak bergerak. Bergerak disini maksudnya mengajak anak mengenal lingkungan sekitar memperdengarkan nama benda, melihat nama benda dan meraba benda konkritnya.
Mohon maaf... stimulasi Di rumah aja dulu yaa bun... jika usia 3 thn belum ada perkembangan silahkan ke dr tumbang atau psikolog ✅

2⃣
Assalamualaikum, terima kasih Bunda Ryan atas sharing ilmu yg sangat bermanfaat. Saya ingin menanyakan mengenai anak laki-laki saya usia 32 bulan, blm bisa berbicara dengan jelas apalagi 2 suku kata. Kalau saya beri instruksi untuk mengikuti saya berbicara, kebanyakan selalu menolak. Dia akan mau mencoba berbicara kalau apa yg dia minta tidak saya turuti, jadi saya bilang "Mas harus ngomong maunya apa biar Ibu tahu",, misal seperti dia minta susu, baru dia mau ngomong "cucu". Sepertinya dia juga mau belajar berbicara karna adiknya laki2 usia 12 bulan sdh bisa bicara beberapa kata. Kalau mengenai hal-hal lain seperti pendengaran tidak ada masalah karna dia bisa kalau kita suruh ambil benda atau melakukan sesuatu hal. Kira2 stimulasi apa yg perlu diberikan agar dapat melatih dia untuk mau berbicara ya bun? Apakah tidak terlambat untuk saya bawa ke klinik tumbuh kembang anak?

Ara_Jember_AP 2

Metodenya masih sama dgn no. 1⃣ pendekatan multisensor. Krn usia juga hampir 3 thn jd mulai perhatikan juga atensi dan konsentrasinya secara *konsisten* misal dalam 1 hari yaa sepanjang si anak buka mata tetap beri stimulasi. Tidak hanya meminta anak utk meniru aja tapi ajarkan untuk mengungkapkan keinginan dan perasaannya
Sebaiknya memang dikonsultasikan kepada dr tumbang atau psikolog yaa  bun

3⃣
Assalamualaikum bu ryan..

Anak saya kaisa 3y5m, di usianya ini kejelasan bicara anak saya masih blm sempurna. Misal boneka menjadi oneta, gatel menjadi tatel, gula menjadi dula. Komunikasi dua arah alhamdulilah bisa. Kalau misal saya kurang paham yg dimaksud biasanya anaknya akan mengambil/menunjuk barang yg dimaksud. Masih normalkah bu di usia ini bicaranya seperti itu?oh iya, anak saya masih blm bisa menelan ayam dan daging bila tidak dipotong kecil2. Apakah ini salah satu faktor yg mempengaruhi kejelasan bicara juga? Bagaimana membimbingnya agar lebih jelas bicaranya bu? Terima kasih.

(Mifta_Tangerang_AP1)

πŸ“
Wa'alaikumussalam bunda...
Masih normal
Kendala artikulasi memang masih ditemukan pd usia ini. Dari segi pemahaman sudah baik.
Gangguan artikulasi memang bermacam2 ada penambahan, penghilangan, penggantian dan pengkacauan. Utk kemampuan makan-minum memang ada hubungan dgn kemampuan artikulasi. Kemampuan koordinasi rahang lidah dan bibir pd saat makan minum berpengaruh kpd wicara.
Coba diberikan bermacam gradasi tekstur makanan, jika belum mampu menelan misal gagal tertelan atau muntah jgn dipaksakan dulu, latihan gerak rahang agar lebih optimal. Termasuk juga gerak lidah, latihan meniru/imitasi geral lidah dan bibir.
Perhatikan juga menghisap (sedotan, menyeruput, minum dgn gelas) dan menelan yaa✅

4⃣
Assalamualaikum bunda.. Saya mau tanya.. Anak saya 16bulan sering sekali mengoceh tidak jelas.. Sebenarnya kami sering mendongeng, membaca buku, mengajak dia bercerita dengan bahasa yg benar (bukan bahasa bayi), nah dia sekarang sering baca buku sendiri sambil mengoceh tidak jelas.. Dan seringkali orang2 disekitarnya gemas dan menirukan ocehannya..
Jika ditanya dia bisa mengucapkan jawabannya dgn baik misal ambulance, kuda, gajah, dll.. Apakah ocehannya itu dpt mengganggu perkembangan bicaranya nntik? Apakah itu normal untuk anak seusianya?
(Annisa, bintaro, ap3)

Apakah perkembangan bicara antara anak perempuan dan laki2 berbeda?
Keponakan saya usia 3 tahun tapi bicara masih pelo. Sulit dimengerti oleh org dewasa.
Memang Dr lahir tidak nenen, minum susu melalui DOT sampai 2 tahun susu sambung pakai dot. Mungkin otot mulut kurang sempurna klu pakai DOT ya
( nadhia_bekasi_ap3)

πŸ“
Biarkan mengoceh yaa jgn dipotong atau distop atau disalahkan tapi boleh koreksi sambil di jelaskan ujaran yg tepat.

Perkembangan sama namun bisa lebih cepat atau lambat, kebanyakan org biasanya "anak laki lebih cepat motorik lambat bicara" begitu juga kebalikannya, selama masih dalam tahapan normal it's ok
Penggunaan dot bisa berpengaruh pd bentuk rahang dan kemampuan otot2 organ artikulasi, perlahan kurangi pemakaian minum dr dot sampai lepas (tdk menggunakan sama sekali) yaa... ✅

5⃣
assalamualaikum...

Anak saya usia 40 bln (3thn 4bln) sdh banyak sekali bicaranya tapi sayang masih cedal. Padahal kami dirumah sdh menerapkan bicara normal spt orang dewasa bicara (tanpa dicedal-cedalkan). Bagaimana solusinya/ caranya agar bicara anak tdk cedal? Terima kasih

Yevrina_Trenggalek_AP.1

πŸ“
Wa'alaikumussalam bun....
Terlihat masih dalam batas normalkah cedalnya bun? Selama tidak mengubah makna dr kata yg diujarkan sy pikir masih normal, krn kemampuan perkembangan artikulasi khususnya konsonan juga bertahap bun, misalnya bunyi ujaran /s/ dan /r/ bisa jelas diujarkan pd usia 4-5 thn jd tidak perlu khawatir ktn memang belum tahapannya. Dilihat dr kematangan otot2 artikulasi juga. Semoga bisa terbantu juga dr jawaban pertanyaan no 3⃣ yaa✅

6⃣
Aslm. Bunda, putri saya 14m. Terkait bahasa, untuk pengenalan bahasa asing baiknya mulai kapan ya bun?
Dan untuk menunjang pengayaan bahasa di usia ini, apa saja stimulasi yang efektif?
Terimakasih bunda

Fauqi_Depok_AP 2

πŸ“
Wa'alaikumussalam bun...
Bahasa asing bisa diberikan jika pd tahapan normal tidak mengalami gangguan atau keterlambatan silahkan asalkan jgn memaksakan anak jika merasa belum mampu atau tdk nyaman berkomunikasi. Utk stimulasi kosakata dgn sering mengajak komunikasi 2 arah dan multisensor (jawaban no.2⃣ semoga membantu)

7⃣
Assalammualaikum mbak. Anak saya pas 4 tahun, kosakata banyak, sudah ngomong dalam SPOK, hanya saja artikulasinya bermasalah.
Sudah ada perubahan dibanding waktu dia umur 3,5 thn. Tapi kalau dibandingkan dgn anak lain, masih ketinggalan (dalam pelafalan). Misalnya huruf L, R, S.  Dia seperti kesulitan menggerakkan lidah untuk r,L.
Huruf K dan G juga kurang jelas, tapi sudah mulai mendingan.
Untuk huruf K, jika di akhir kata tidak masalah, kalau di awal seperti Kuku, menjadi tutu.
Untuk G, sering menjadi D.
Untuk S, kalau diakhir kata, bisa, kalau diawal/tengah, susu menjadi tutu.
Saya selama ini stimulasi dengan aktivitas meniup/menghisap dan mencontohkan (meminta dia meniru). Seperti tadi saya sebutkan, sudah ada perubahan tapi bagaimana terapinya yang tepat ya, mbak?  Terimakasih
(Dian_bengkulu_AP2)

πŸ“
Bisa dibantu dengan imitasi gerakan lidah, mendecak mendesis, menghisap melalui sedotan yg bermacam varian (lebar, bengkok, melingkar) trus jenis cairannya juga bergradasi dr cair sampai kental. Latihan tsb bs membantu gerakan lidah bagian depan, tengah, belakang. Boleh juga diajarkan berkumur lalu di gargling (menahan air pd pangkal lidah kepala mendongak) lat ini kalo anak sudah bisa yaa bun, kalo belum bisa mohon jgn dipaksakan khawatir tersedak

πŸ“
Untuk latihan ujarannya coba tingkat sukukata terlebih dahulu diulang sampai anak mampu mengujar kemudian digabungkan dgn sukukata selanjutnya ✅

8⃣
Siang mba

Apakah kemampuan berbicara anak berhubungan dengan tingkat kecerdasannya? Anak saya 20m bicaranya masih menyebut ujung2nya saja, stimulasi yg paling tepat apa ya, kalo kita ngomong sebenarnya dia paham ?

Eka_kotabarukalsel_AP.1

πŸ“
Siang menjelang sore bun
Ada hubungan kemampuan wicara dengan kemampuan kognitif tapi analisa terlebih dahulu usia kronologis dan perkembangannya. Usia 20m pada kemampuan kognitif masih bisa di arahkan. Jawaban dr pertanyaan sebelumnya semoga membantu ✅

9⃣
Assalamualaikum wr wb, keponakan saya laki laki berusia 3 tahun 3 bulan. Berbicara nya masih belum jelas dan belum fasih merangkai 1 kalimat panjang. Memang ayah ibu nya jarang mengajak ngobrol. Apakah ada terapi khusus agar keponakan saya lancar berbicara?

Riska_Cinere Depok_AP1

πŸ“
Wa'alaikumussalam
Stimulasi yg tepat dan terarah dapat diberikan dgn cara komunikasi 2 arah secara konsisten, peran serta orgtua sangat diperlukan utk menghindari keterlambatan ataupun gangguan bahasa wicara pd anak. Utk terapi saya pikir belum perlu yaa, coba dulu dengan sering mengajak komunikasi. Kalimat panjang 3-5 kata biasanya usia 4-6 tahun, pd usia 3 thn biasanya 2-3 kata ✅

πŸ”Ÿ
Assalamualaikum bu ryan...
Saya mengalami kesulitan berkomunikasi 2 arah dgn Putri saya umur 3 tahun, jika kita ajak ngobrol sepertinya dia asyik dengan dunianya sendiri. Biasanya kita cerita tentang binatang atau apapun dia malah menanggapi dengan sesuatu yg yg disukainya seperti pelangi, bulan atau Cerita film anak anak yg ditontonnya. Bisa bicara maksimal 4-5 kata dlm satu kalimat. Dan setiap hendak bicara/cerita kadang anak saya butuh 2-3 detik memikirkannya. Jika kita bertanya ia sudah bisa bilang tidak mau tapi jika ia mengiyakan/setuju ia tidak mengucapkan kata iya atau apapun hanya menggunakan ekspresi saja yg kadang saya bingung apakah ia setuju atau tidak. Apakah anak saya ada problem dengan speech delay bagaimana solusinya agar saya berkomunikasi lebih mudah dengan anak saya tanpa salah tebak. Terima kasih atas jawabannya.

Nesti_manggar_AP2

πŸ“
Usia 3 tahun pd beberapa anak masih menggunakan bahasa 'ibu' jadi kl dilihat dr cerita bunda, anaknya cukup 'cerdas' yaa dalam penggunaan ekspresi bahasa verbal dan non verbal secara seimbang. Seiring perkembangan usia nantinya anak akan mengubah pola bicaranya dan mampu memperbaiki kesalahan tata bahasanya tetapi sewaktu2 memang kesalahan tsb bisa terulang lagi. Respon anak 2-3 detik masuk dlm kategori normal, jika 5 detik anak tdk mampu merespon barulah kita ulang pertanyaan atau instruksi yg sama ✅

1⃣1⃣
Assalamualaikum
Anak saya laki2 usia 21 bulan,. sampai sekarang blm bs mengucapkan satu kata pun.. dia hanya mengoceh2 kosakata yg tidak beraturan, tetapi dy bisa mengerti apa yang kami katakan, misalnya kami minta mencari bola dan botol minum nya dengan mengatakan "dimana bola abang?" atau "dmn air minum abang" lalu diapun bs mencari dan mengambilnya

tetapi pada saat kita ajarkan persuku kata, dengan face to face saling berhadapan, atau sebelum kami ajak bicara sebelum tidur.. dia tdk suka, cenderung mengabaikan dan mengalihkan perhatian.. bahkan lari sana sini dengan mengoceh2 kata2 yg tdk beraturan..

untuk perkembangan motorik kasar nya seperti tengkurap, berbalik badan, merangkak, duduk, berdiri, berjalan sampai berlari semua dilewati dengan baik..
hanya saja tumbuh gigi nya agak lambat, usia 9 bulan baru tumbuh 2 gigi bawah..
apakah hal ini berpengaruh terhadap perkembangan bicara si anak dan bagaimana menghadapi kondisi tersebut..
terima kasih..

(Ummu Sa'ad_Tangerang_AP3)

πŸ“
Ini hampir sama dengan pertanyaan no. 1⃣ yaa... perkembangan bahasa reseptif tidak seimbang dengan perkembangan ekspresif. coba dulu dgn metode selftalk, utk  mengoceh tidak beraturan bisa terlihat bahwa sebenarnya anak ingin mengungkapkan sesuatu namun terkendala dengan pengujaran. Wicara merupakan ketrampilan, kemampuan mengeluarkan bunyi2 tertentu dalam kombinasi (kata) dari aspek motorik wicara dan kemampuan mengaitkan arti/makna dr kata2 hingga mampu diujarkan. Jadi latihan wicara dr mulai bunyi2 ujaran, sukukata, kata, frase hingga kalimat✅

1⃣2⃣
anak saya umur 3 tahun, bicaranya sudah lancar hanya saja artikulasinya kurang jelas, gimana ya cara mengajari artikulasi yg benar. setiap penyebutan kata, huruf belakangnya tidak jelas atau samar, seperti balon jadi balo', atau om jadi o'.. pdhl sudah diajari benar, dan tidak pernah sengaja dicadel2in ketika didepan anak..

(hikmawati rahayu_tangerang_ap3)

πŸ“
Ini juga dr usia dan masalahnya hampir sama, semoga terbantu dr jawaban pertanyaan sebelumnya ✅

1⃣3⃣
Assalamualaikum

saya mempunyai anak usia 4 th.sampai saat ini masih mengalami kesulitan dlm berbicara.terutama dlm menyebut kata2 yg mengandung huruf L,R,S,K,C apakah ini normal?
Jika ini tdk normal bgmn cara menanggulanginya ?
terimakasih mbak ats jwbnnya

Halimah_Pontianak_AP.1

πŸ“
Wa'alikumussalam bun...
Ini hampir sama dgn pertanyaan no. 7⃣ bisa dicoba dulu metodenya yaa...
Jika ingin mengajarkan wicara kaitan artikulasi tahapannya mulai bunyi2 ujaran ➡ sukukata ➡ kata ➡ frase (gabungan 2 kata) ➡ kalimat ✅

1⃣4⃣
Assalamualaikum bunda,saya AYU dari tangerang πŸ˜ŠπŸ™πŸ»
Saya mau bertanya,anak saya laki laki berumur 7th,mengenai bahasa,tentunya anak saya sudah mengenal bahasa bahasa gaul diluar rumah,bersama teman teman sebayanya,
Antara lain dikala memanggil,terkadang suka terbawa kepada abang abangnya dengan sebutan maaf " (cuy,bro,dll,) sepertinya bahasa bahasa itu sudah menempel dikeseharian,pertanyaannya,bagaimana cara saya memberitahu dan menghilangkan panggilan tersebut,dan anak saya pun tak begitu minder dengan temannya karna tidak memakai bahasa bahasa gaul tersebut,
Terimakasih

(Ayu_Tangerang_AP3)

πŸ“
Wa'alaikumussalam bun... ini menarik.
Perlu diketahui pola mendidik anak (ini sy dapat dr mengikuti seminar dgn Bpk Munif Chatib, pakar Multiple Inteligent)
*7 tahun pertama* perlakukan anak seperti raja dalam artian penuhi semua kebutuhan stimulasi dgn terarah tdk perlu ada larangan asalkan kita bisa mengarahkan kepada hal positif
*7 tahun kedua* perlakukan anak selayaknya murid dan  kita gurunya, mendidik lebih tegas namun tidak dengan kemarahan, berikan kensekuensi positif jika anak bersikap baik, dan berikan konsekuensi negatif (sy tdk menyebut hukuman yaa..) jika bersikap tidak baik
*7 tahun ketiga* perlakukan anak selayaknya kawan, krn dianggap masa transisi dr anak ke dewasa jadi sikap kitapun menyesuaikan, jika dilarang anak akan merasa dirinya sudah besar dan mampu mandiri.
Jadi permasalahannya bagaimana negosiasi dgn anak berkaitan dgn bahasa gaul yaa bun....✅

πŸ’ *Quotes* πŸ’

*Speech much be fun*
Kalimat ini benar2 hrs mendarah daging untuk kita yaa karena komunikasi merupakan fungsi luhur bagi tiap insan

Dengan senang berarti kita mensyukuri nikmat yg Allah berikan yaitu nikmat bicara yg baik

➖➖➖➖➖➖➖➖➖
FP FB: @KomunitasArsitekPeradaban

Komentar

Postingan Populer