Pengalaman Kehamilah

Tulisan ini hanya post ulang dari yang pernah saya tuliskan di akun instagram saya @nuro_rohmah dengan beberapa editan dan sedikit tambahan saja.

Saya akui, saya orang yg banyak ketakutan. Apalagi hamil di saat belum siap, belum siap mental, finansial, jg ilmu. Saya memmiliki banyak ketakutan terutama soal proses melahirkan.
.
.
2,5taun menikah dan belum dikaruniai anak tanpa menunda, saya pikir memang ada masalah dan harus konsul ke dokter dulu bila kami pengen punya abak. Kami memang belum pernah ke dokter karna memang belum ada keinginan mempunyai anak.
.
Eh, lhakok tiba2 saya telat dan memang positip hamil. Shock sekali, saya sempet nangis. haha. Bener2 belum siap saya. Tp ya mau gimana lg, si bayi jelas ga minta dilahirin. Kita sbg org dewasa yg 'scr sadar' membuat mrka ada. 😁                                                 
.
.
Ga mau berlarut2 dalam kegalauan, saya yg masih nol bgt soal kehamilan dan banyak banget ketakutan ini, mulai belajar. Sudah gabung di grup GBUS (Gentle Birth Untuk Semua) di fb dari dulu sih, tp ga pernah baca2. Dapet buku gentle birth karya bidan Yessi ini skitar usia khamilan 4bln. inti dr gentle birth yg saya tangkap sih persalinan lembut minim trauma baik untuk ibu maupun bayi. Kuncinya adalah berdayakan diri selama hamil.
.
.
Saya belajar jadi ibu berdaya melalui buku ini. Saya praktekkan sedikit demi sedikit panduan yg ada di buku. sebisa saya, seperti Mengajak bayi komunikasi, memperdengarkan murottal, prenatal yoga, latihan pernafasan, hypnobirthing, afirmasi positif, olahraga, dll.
.
.
Alhamdulillah tidak banyak keluhan selama kehamilan. Nafas tetap spt biasa tdk tersengal2, boyok jg ga pegel2, pusing2 jg enggak. Keluhan yg agak mengganggu yaitu pensendian yg linu2 atau apa namanya ya, kalau bangun tidur. katanya krna kurang kalsium. .
.
Rencana saya dan suami ingin lahiran di bidan saja. Sudah ketemu bidan yg cocok. Kami sudah mengajukan birth plan, mendiskusikannya, dan disetujui dengan beberapa revisi. Di antara birth plan yg kami ajukan adl ttg posisi melahirkan yg tdk litotomi, diperbolehkan jongkok, duduk atau senyaman ibu, selain itu jg delayed cord clamping (penundaan pemotongan tali pusat) tp ga lotus birth jg sih😂, diperbolehkan mendengarkan hypnobirthing, diperbolehkan aktif bergerak slama proses, dll masih banyak, agak lupa. Kesalahan kami adalah tdk mengajukan birth plan ke RS apabila ada indikasi medis sehingga tdk bisa lahiran di bidan.


Saya udah pesimis duluan, kayanya susah deh mau minta lairan yg spt ini spt itu kalau di rs. 😂
Dan akhirnya kejadian beneran. Kena darah tinggi di minggu2 terakhir kehamilan. Tensi nggak turun2. Bidan pun ga berani. suami nyari2 klinik pun ga ada yang berani. Saya udah pasrah aja sih, ya mau gimana lagi. Sudah berusaha yg terbaik, mau hasilnya kayak gimana tinggal Allah yg menentukan. .
.
Walaupun akhirnya tidak bisa lahiran dg lembut spt yg diinginkan, tp saya ga nyesel sih belajar gentle birth. Yg awalnya banyak ketakutan, alhamdulillah akhirnya siap mental menghadapi kelahiran. Selama kehamilan pun alhamdulillah ga banyak keluhan. Posisi janin sdh mapan masuk panggul sejak uk 32w (biasanya +-36w), selain mgkin krna sering di sounding, jg berkat prenatal yoga karna byak gerakan2 utk mbuka panggul. Anak saya jg alhamdulillah jarang sakit, pas masih dlm perut jg selalu saya afirmasi agar sehat selalu, baik di dalam kandungan maupun nanti ketika sudah lahir. Proses kelahiran jg tergolong lancar, dan cepat. Selain karna tentu saja semua atas ijin Allah, saya percaya tidak ada hasil yg menghianati usaha.






Sebenarnya kalau mau diceritakan dengan lengkap tentunya akan sangat panjang sekali. ini hanya garis besarnya saja. Karena kejadian-kejadian yang lain saya juga agak lupa. Idealnya sih setelah melahirkan segera dituliskan pengalaman hamil dan melahirkan ini, karna ingatan tentunya masih jelas. Akan tetapi, setelah melahirkan, mau tidur nyenyak saja susah ya, apalagi mau nulis. hehe. Ini hanya excuse aja sih.haha. Sekarang baru ada keinginan buat ngeblog lagi. Jam 7-8an anak sudah tidur. Daripada cuma buat ngepoin akun hosip saja, mendingan saya lanjut ngeblog lagi. hehehe.


Selamat berdayakan diri bumil2 😍😁



Komentar

Postingan Populer