Liburan Murah Edukatif di Grhatamapustaka

Lobby perpustakaan. Jangan lupa isi daftar hadir pengunjung ya.

Hari Ahad, 28 Januari 2018 kami (saya, suami dan Salma) berkunjung ke Grhatama Pustaka. Perpustakaan daerah Yogyakarta yang sangat-sangat ramah anak. Ini kunjungan saya dan Salma yang kedua kalinya. Tapi yang pertama untuk suami. Mengapa saya katakan sangat ramah anak? Karena di perpustakan ini, disediakan lantai khusus untuk area anak-anak. Ya di basement. Terdiri dari ruangan baca anak, ruangan dongeng, ruang bermain, dan ruang musik.

Pada kunjungan pertama, saya hanya masuk ke ruang baca saja. Ruangan ini sangat rapi, bersih, buku-buku tertata runtut sesuai kode bukunya. Dinding-dinding ruangan dihiasi dengan hiasan-hiasan dinding yang bagus dan sangat menarik. Disediakan meja dan kursi kecil untuk membaca, tetapi jika ingin duduk di lantai pun nggak masalah. Karena dialasi karpet bersih. Alas kaki di lepas, disediakan tas untuk menyimpan, dan diletakkan di dekat meja petugas. Koleksi buku di sini lumayan banyak ya. Koleksi boardbook juga banyak, bahkan buku-buku populer seperti Halo Balita dan Rabbit Hole juga ada.


Ruang baca anak
Ruangan selanjutnya di lantai ini yang kami kunjungi adalah ruang bermain. Di sini disediakan beberapa permainan seperti boneka, puzzle kayu, semacam tenda kemah, perosotan, dan juga semacam ranjang bertingkat yang diisi boneka-boneka. Mainan yang disedikan memang belum terlalu banyak, tetapi di sini anak-anak justru bisa bersosialisasi dengan anak pengunjung lain. Salma pun di sini nggak terlalu tertarik dengan mainan. Dia malah tertarik mendekati dengan bayi-bayi yg ditidurkan di lantai.






Foto-foto di ruang bermain.

Selanjutnya kami masuk ruang dongeng. Di ruangan ini juga ada koleksi buku yg sebagian besar adl buku dongeng dan cerita. Selain ada buku, ada alat-alat peraga dongeng seperti wayang, boneka tangan, dan ada panggung dongeng. Di sini selain baca buku, salma suka main boneka tangan dan naik-naik ke panggung dongeng.


Koleksi buku di ruang dongeng



Panggung dongeng.

Bermain boneka tangan.

Puas dari ruangan dongeng, kami ke ruang musik. Tapi nggak jadi masuk karena ada banyak orang di dalam, dan suaranya bising karena mereka memainkan berbagai alat musik sesuka hati. Hehe.

Setiap masuk ruangan, alas kaki harus dilepas. Di luar ruangan disediakan tas-tas hitam untuk tempat sepatu dan dibawa masuk ke ruangan. Jadi di depan pintu tidak ada sepatu yang berserakan.


Ruangan terbuka di basement.
Waktu telah siang, kami merasa lapar. Karena masih betah di sini, dan bingung juga di sekitar sini mau makan apa, akhirnya kami coba ke kantin, yg letaknya di sayap timur. Disini ada angkringan, ramesan, soto ayam, dll. Harga juga standar. 

Setelah makan dan keluar kantin, kami melihat di sebelah selatan kantin ada taman dengan gazebo-gazebo dan beberapa permainan anak seperti jungkat-jungkit, perosotan, dll. Sayangnya kalau siang panas banget, jd kurang nyaman untuk main di rumput atau lelarian. Mungkin kalau pagi atau sore hari tdk terlalu panas. Untungnya perosotan dan jungkat-jungkit berada di tempat teduh. 




Overall, saya dan suami puas banget main ke sini. Salma juga betah banget tentunya. Komplit banget fasilitasnya, area main outdoor dan indoor, koleksi buku bagus dan banyak, ruangan2 yg nyaman dan bersih, karyawan yg ramah, lingkungan yg hijau dan luas, serta ada musholla yg nyaman.

Tempat ini bisa jadi alternatif destinasi tempat liburan saat bingung mau liburan ke mana, atau sudah bosan main ke mall atau wisata alam.

Komentar

Postingan Populer