Rekreasi Edukasi di Rumah Belajar Modern

Warga Jogja khususnya mBantul Sudah familiar dengan Rumah Belajar Modern (RBM)? Sudah sering ke sana? Atau malah baru dengar ini? Toss dulu kalau baru dengar. Padahal ini lokasinya dekat dengan rumah kontrakan.

RBM tampak dari luar
Saya tahu RBM ini belum lama, dari seorang teman kenalan di media sosial yang justru bukan warga asli Jogja. Niatnya kami janjian mau playdate di sini, namun teman saya tersebut berhalangan, jadi akhirnya saya datang sendiri.

Apa, dan di mana itu Rumah Belajar Modern?
RBM adalah RUMAH BELAJAR MODERN. Digagas oleh BPAD (Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah) yang memiliki konsep pelayanan terpadu berbasis aktifitas yang ditunjang dengan sumber daya manusia yang kompeten, serta sarana dan prasarana yang mampu mendukung oprasional kegiatan yang diadakan oleh RBM itu sendiri. RBM ini bertujuan untuk memberikan sarana edukasi, rekreasi dan informasi bagi masyarakat umum.
Semua kegiatan yang diadakan oleh RBM mengacu pada koleksi buku yang ada di RBM, jadi dalam hal ini apapun kegiatannya bersumberkan dari buku, dan diimplementasikan sehingga apa yang menjadi maksud dari buku tersebut dapat tercapai. “MEMBACA - MELIHAT - MELAKUKAN”hal inilah yang menjadi dasar dari setiap kegiatan yang dilakukan di RBM. Membaca buku – Melihat maknanya – Melakukan apa yang sudah dipahami dari buku tersebut. (http://bpad.jogjaprov.go.id/rbm/)

RBM beralamat di Jl. Imogiri Barat Km.6 Semail, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Utara pasar Ngoto, ada jalan masuk ke barat, masuk kira-kira 20meter, sebelah kiri jalan.
Di luar ruangan dekat area parkir (letaknya di sebelah timur) tersedia berbagai macam mainan outdoor untuk mengasah motorik kasar anak, seperti perosotan, ayunan, tangga untuk panjat, dll. Jumlah mainan cukup banyak, jadi tidak perlu berebut sama anak lain. 😄


Area bermain outdoor
Sebelah selatan area bermain outdoor ini, terdapat gedung perpustakaan. Koleksi anak dan dewasa/ umum jadi satu. Untuk koleksi buku anak lumayan banyak juga, dan bagus-bagus menurut saya (ini relatif memang ya 😅). Ada koleksi ensiklopedi anak, buku rabbithole, beberapa boardbook (nggak banyak sih), nemu buku nya Tony Wolf juga, dan buku favorit kami pustaka Peter Rabbit karya Beatrix Potter yang lengkap dan banyak jumlahnya. 😍 Buku bacaan remaja seperti Harry Potter, karya-karya Enyd bliton juga banyak. Untuk koleksi dewasa/umum seperti buku agama, sastra, dll tidak begitu lengkap sih, tapi nggak masalah karna niat saya ke sini memang untuk kegiatan anak.


Ruang baca anak
Koleksi buku dewasa/umum
Buku-buku di sini bisa dipinjam pulang juga (kecuali buku referensi tentunya). Kalau sudah terdaftar menjadi anggota Grhatamapustaka, tidak perlu mendaftar lagi, karena keanggotaannya jadi satu. Dua-duanya milik BPAD Yogyakarta. Enaknya nggak perlu repot daftar anggota lagi (saya sudah terdaftar anggota Grhatamapustaka). Tapi ada nggak enaknya juga buat saya, kalau sudah punya pinjaman di Grhatamapustaka berarti ya harus dikembalikan dulu baru bisa pinjam di sini. 😥. Apabila belum terdaftar, bisa mendaftar di sini. Syaratnya cukup fotocopy KTP saja (KTP Jogja ya). 

O, ya, masuk ruangan perpustakaan, alas kaki di lepas ya. Disediakan rak untuk alas kaki, silakan dimasukkan rak biar rapi. Disediakan loker juga untuk menaruh tas dan segala macam bawaan (secara bawa anak kecil pasti banyak printilannya 😁), kita bisa minta kunci loker sama petugas di dalam ruangan perpustakaan.

Puas di ruangan perpustakaan, saya mencoba ke gedung lain di sebelah barat. Di luar ruangan gedung ini disediakan tempat baca dan rak berisi majalah dan koran. Masuk ke dalam ruangan terdapat beberapa mainan indoor seperti balok-balok kayu, puzzle, logico, alat-alat musik, wayang, dan beberapa mainan yang saya tidak tahu namanya. 😂 sudah banyak yang rusak sayangnya. Kami berdua main balok-balok kayu, puzzle, dan mainan mencocokkan warna. Selesai bermain, tak lupa ajak anak beberes mainan ya Mam.😁 Di ruangan lain gedung ini, ada ruang komputer. Kita bisa memakai fasilitas ini dengan gratis.

Area baca,dilengkapi dengan permainan anak dan koleksi majalah.


Ruangan bermain indoor.
Sebelah utara gedung ini terdapat aula. Waktu itu, sedang ada kunjungan dari rombongan murid sebuah Sekolah Dasar. Di aula ini agaknya tempat untuk menerima kunjungan dari sekolah-sekolah sebelum mereka dipersilakan masuk ke ruang-ruang belajar/bermain.
Keseluruhan gedung ini memang tidak terlalu luas. Namun sangat ramah anak, nyaman, dan cocok untuk destinasi rekreasi dan edukasi untuk anak, balita sekalipun.  Area bermain outdoor di siang hari juga tidak terlalu panas, karena ada pohon-pohon rindang. Semua fasilitas bisa dinikmati secara gratis. Lokasinya mudah diakses. Kalau sedang tidak ada kunjungan, kondisinya tidak terlalu ramai. Buka hari Senin-Sabtu jam 08.00-16.00.

Kalau dibandingkan dengan Grhatamapustaka tentu jauh ya dari segi bangunan, luas area, fasilitas, tetapi sangat bisa jadi alternatif untuk mengenalkan dengan dunia perpustakaan yang menyenangkan. Memperkaya pengalaman dan kegiatan anak. Sayangnya hari Minggu libur, jadi tidak bisa untuk mengisi hari libur bersama keluarga.

PS: Mohon maaf foto-fotonya kurang bagus, harap maklum hanya pakai hengpon jadul.

Komentar

Postingan Populer