Lawu #3 (Jalan yang Berujung)

Sekitar jam 10 pagi, kita sampai di Sendang Drajad. Dari sini jarak ke puncak nggak jauh lagi. Ada warung di sini. Ramai banget. Tapi kita nggak istirahat di sini, kita langsung lanjut ke puncak. Akhirnya jam 10.30an kita sampai di puncak. Lumayan rame juga di sini. Kita istirahat dulu, sempet ngantuk juga dan hampir ketiduran. Setelah itu kita poto2. Wuaah pemandangannya luar biasa. Awan2 putih bergerombolan sejajar dengan kita berdiri. Langit biru cerah luas sekali, seakan jaraknya dekat sekali. Semua bersuka cita, terlihat puas dan lega sampai puncak. Ada yang poto sambil bawa tulisan nama pacarnya, ada yang sambil membawa kertas bertuliskan Selamat Wisuda buat temennya.

Tugu monumen di Puncak

Hargo Dumilah, puncak Lawu 3265mdpl

Hargo Dumilah 3265mdpl puncak Lawu. Atas izin Allah aku sampai di sana untuk ke dua kalinya dengan kondisi sehat dan baik. Alhamdulillah selama perjalanan naik tidak ada kendala berarti untuk masalah kaki. Mungkin karena dari awal kita jalannya pelan2, memilih pijakan yang tidak terlalu membebani lutut, nafas juga nggak terengah2.

Pemandangan di Puncak

Nggak lama di puncak, kita mutusin buat turun, karna kasian sama temen yang nunggu di bawah. EEh, nggak taunya pas kita sampe di Sendang Drajad, ricky temen kita yang nggak ikut tadi manggil2. Ternyata karna kelamaan nunggu, dia akhirnya naik juga. Akhirnya kita istirahat dulu di warung, sementara Ricky mau nglanjutin ke puncak. Sebenarnya pengen makan dulu di warung. tapi ternyawa kita udah kehabisan, mungkin karena saking ramainya. Yaudah, akhirnya kita cuma numpang tidur aja di dalem warung. Ruangannya luas dan hangat karna atapnya seng. Nyenyak banget tidurnya. Tapi sekitar jam 1 an aku terbangun mendengar suara ibu yang punya warung ngobrol dengan pendaki lain, kalo si ibu mau turun karena bahan2 yang buat jualan pada habis. Akhirnya kita semua bangun, keluar warung. Nggak lama si ricky udah nyampe. Nunggu dia istirahat bentar, kita turun.

Sekitar jam 13.30 kita turun. Turunnya juga pelan2. Aku masih ngeman2 sama kakiku ini. Nggak mau kejadian Lawu pertama kali dulu terjadi lagi. Jam 14.30 nyampe di pos 3. Tenda kita ditinggal dan masih terpasang di sana. Sambil nungguin Wibi dan ricky yang masih di belakang, kita packing dan beresin tenda. Pas tenda udah beres, Wibi dateng. Istirahat sebentar kita turun lagi. Jam 3 sore tepat waktu itu. Tetep pelan2 kita jalannya. Dengan jalan yang pelan gini, Wibi mengestimasi kalo sampe basecamp kira2 jam 6 sore. Walah, lamaa dong, ini kan turun, masak nggak jauh beda sama pas naik. Aku mencoba ngeyel, tapi memang beginilah kenyataanya. Hari semakin sore, tapi kok kita belum nyampe2. Seperti biasa, setiap ketemu pendaki yang lagi naik, kita nanya2 terus, masih jauh nggak, berapa lama lagi?hehehe

Kita sempet didahului sama rombongan bapak2 ada ibu nya juga. Usia mungkin sekitar 45-55 an lah. kayaknya sih orang2 kaya. Sempet ngobrol sama salah seorang bapak. Katanya mereka naik baru tadi pagi jam 6. Langsung naik, sampe puncak lalu turun. Waw, kita yang masih muda2 aja ada yang berangkatnya kemaren sore, tadi malem, ato kayak kita yang naik dini hari. Tapi bapak2 berumur ini kok ya cepet banget. pas turun juga banyak mendahului kita2 yang masih muda. Weleh, yang ibu2 juga nggak kalah. Kereen dah. Besok aku kalo udah umur segitu kayak apa yah?
Pemandangan pas turun

Perjalanan turun rasanya juga lama banget, nggak nyampe2. Di pos 1 kita istirahat sebentar. Sampai situ jam 4an apa ya,agak lupa. Ada warung di sini dan pas buka. Rame juga. Liat ada yang makan gorengan sama ngeteh, jadi pengen. Tapi ternyata gorengan udah habis. Yaudah lanjut turun deh. Rasanya pengen banget segera sampe basecamp. jadinya aku nggak banyak istirahat pas turun. Aku masih berharap kalo sekitar jam 5 kita udah sampe basecamp. tapi kok nggak nyampe2. Hampir jam 5, kok belum nyampe hutan cemoro juga. Hew,,kok lama yaa.

Akhirnya sampe juga di hutan cemara, rasanya sudah dekat gitu sampe basecamp. Harapan mulai muncul, ah paling setengah 6 udah nyampe. Lagi2 kita ketemu sama pendaki yang lagi naik. Tanya dong kita, 'Mas tadi naik jam berapa', tanyaku. 'Baruu aja kok mbak', jawab mas2nya. 'basecamp masih jauh nggak?', tanyaku lagi. "Nggak mbak, udah deket banget kok. Itu lho pas tower itu, udah deket kok', Jawabnya lagi. 'Tower? Oh, ya,, makasih ya mas', kataku. Aku kok belum liat towernya sih. 'Itu lho', kata Wibi sambil nunjuk2. Eh, lhoo, itu kan masih jauh banget. Wah di PHP ini.

Jalannya berbatu, kanan kiri banyak pohon cemara. Kayaknya jalannya gitu2  aja terus, nggak nyampe2. Tapi tower itu makin dekat juga. Udah stengah 6 belum nyampe juga tapi. Kayaknya bener nih prediksinya wibi. Jam 6 baru sampe basecamp. Setiap ada tikungan, aku selalu berharap kalo di balik tikungan itu akan kelihatan gapura masuk Cemoro Sewu. Tapi yang terjadi, setelah tikungan adalah jalan lagi dan tikungan lagi. Sempet kedengeran suara motor. Wah ada harapan lagi, udah deket nih. Tapi kok ya sama. Setelah tikungan, menunggu tikungan lagi selanjutnya. Sempet kepikiran di otakku, ah, jangan2 kita 'dibingungkan' sama makhluk halus. Haha..Ssshh, jangan bilang2 ya, malu dong sempet kepikiran kayak gini. Sempet juga kita becanda sama Wibi,'harusnya sih kita udah nyampe dari tadi, tp karna belum jam 6, jadinya kita belum nyampe'. hehehe.. Dan ternyata, bener juga jam 6 kita sampe basecamp. Legaaaa banget rasanya. Jalanan berbatu itu akhirnya berujung juga. Walaupun rasanya jauuuh sekali, tapi aku bersyukur banget, kakiku nggak begitu sakit. Nggak seperti yang aku takutkan.

Setelah sampe basecamp, karena kelaparan, kita makan di warung. Aku makan soto ayam, wibi nasi rames, minum teh anget, sama makan gorengan sebiji. Karena makananku datang duluan dari yang lain, selesenya aku juga duluan. Sambil nungguin yang lain selese makan, aku ke toilet dulu buat ganti baju sama cuci muka dan gosok gigi. Bajuku basah banget oleh keringat. Kalo nggak ganti baju rasanya dingin banget punggungku. Selese itu, aku balik ke warung, yang lain udah pada selese makan dan lagi ngobrol. Temen yang lain gantian ke toilet. Setelah itu kita bayar. Makanku 2 orang sama Wibi habis 22ribu. Setelah itu kita rencana mau langsung turun. Biar nggak kemaleman. Udah jam setengah 8an. Sebelum pulang, bayar parkir dulu dong. Wow, kaget juga 10rb/motor. Kalo pas terakhir di Merbabu sih cuma 4rb/motor. Hehe, jauh yaa.

Setelah siap semua, kita turun. Untungnya nggak hujan. Jalanan masih sangat panjang untuk sampai rumah. Sekitar 3 jam, malem2 dan dalam kondisi capek. Rencana mampir ke Grojogan Sewu jelas batal, karena hari sudah malam. Pinginnya segera sampe rumah. Sama kayak pas naik sama turun gunung, jalanan menuju rumah juga seakan nggak berujung. Kirain udah sampe 'sini', tapi ternyata baru sampe 'sini'. Hehe. Sempet mempir angkringan di Klaten juga, karena ngantuk, capek dan laper. Setelah itu kita lanjut lagi. Tapi kok ya belum nyampe2 juga. Karena Wibi ngantuk, gantian aku yang di depan. Untungnya jalan menuju Jogja tinggal luruuus aja, kalo musti belok2 kan aku suka bingung. Masih,,belum sampe2 juga ke Jogja. Pas udah nyampe Prambanan, udah lumayan lega, tinggal dikit lagi sampe Jogja. Singkat cerita, sampe juga kita ke rumah. Alhamdulillah Ya Allah. Wibi langsung tidur, aku mandi dulu dong. Hehe