Pengalaman Melahirkan

Hpl tgl 3feb 2016. Tgl 26 januari 2016 (selasa) kontrol ke dokter, kaget ternyata bbj baru 2,1kg. -Saya memang tdk selalu kontrol ke dokter dan usg karna emang rencana lairan di bidan. Tp karna darah tinggi di minggu2 terakhir kehamilan, bidan ga berani, dan hrs lairan di rs.-
Sama dokter di suruh banyak makan es krim biar bbj naik. Pulang dr periksa lgsung borong es krim. enyaaakk 👍😁

Eh, kok hari rabunya ngeflek dikit, sama agak mules dikit. Tp cuma bentaran. Ditunggu sampe sore ga dateng lagi mulesnya. Kontraksi palsu. Tp sempet kawatir sih, soalnya bbj msh dibawah normal. Akhirnya diajak ngobrol dedeknya, tak sounding, yg intinya kalo mau keluar tunggu ya kalau bbnya udah naik. Minimal 2600gr lah. Biar ga mepet2 amat (bbl normal orang asia 2500gr-3800gr).
Di akhir2 kehamilan emang aku batesin bgt minum manis2. Makan nasi jg dikit, banyakan sayur sama lauknya. Emang pinginnya bbj dibawah 3kg aja pas lahir. Ditambah kena darah tinggi jg katanya menghambat supplai makanan ke janin jd bb nya rendah.

Kamis, 28 jan 2016
Gelombang cinta mulai datang tengah malem. Jam 1an malem saya bangun krna merasa kontraksi. Belum bangunin suami. Saya nyetel aplikasi kontraksi nyaman untuk dengerin afirmasi dan menghitung durasi kontraksi, sembari atur nafas, , inhale..exhale.. Skitar pukul 2pagi kontraksi mulai datang dg jeda skitar 10-12 menit sekali, saya bangunin suami. Dipijit2 sambil masih dengerin afirmasi. Setelah itu saya jg goyang pinggul di atas gym ball, berusaha terus bergerak. .
Setelah subuh, kami mulai kemas2, mandi dsb untuk segera berangkat ke rs. Skitar jam 6pagian kami berangkat. Di perjalanan terus dengerin afirmasi sambil terus atur nafas. Kontraksi datang dg jeda skitar 7-8menitan.Sampai RS masuk igd. Di VT skitar jam 7an ternyata baru bukaan 2. Karna pake bpjs harus nunggu bukaan 4 dulu. Pulang dulu ke rumah mertua yg jaraknya cm 5menitan dari RS. Sampe rumah, kluarin gym ball, goyang pinggul lagi, tetep sambil atur nafas dan dengerin afirmasi 

Saat kontraksi mulai datang tanpa jeda, saya pengennya tiduran Aja.. Nafas jg mulai ga beraturan. Tp suami saya ngingetin utk terus bergerak, dan memandu saya untuk tetap atur nafas.. Saat udah mulai ga tertahankan kami memutuskan untuk kembali ke RS. Sekitar jam 9 pagi sampai sana. Di VT bukaan 3 mau 4. Udah ga disuruh pulang lagi 😂. . 


Masuk ruang bersalin sekitar pukul 10.15. Gelombang cinta yg dahsyat terus menerus datang. Sebenarnya dokter yang biasa saya konsul adalah dokter perempuan. Tetapi saat itu beliau sedang praktek di RS lain. Bidan yang menangani mengatakan kalau adanya dokter 'ini' (laki-laki), sekarang sedang praktek di poli. "Kalau nanti udah mau keluar ternyata dokternya belum datang nggak papa ya mbak sama bidan aja", begitu kata bidannya. Aku mah mau banget sama bidan aja. Bidannya ramah2, baik2, dan nyemangatin banget. Tetapi ternyata sebelum lahir, dokternya sudah datang. Pas rasanya udah muleesss buangettt kayak mau keluar. Sama dokter disuruh ngeden, ngeden, dan ngeden lagi. Yaelah dok, ini juga udah sekuat tenaga. Ga pernah ngrasain lahiran sih..haha (peace dok).Sampai akhirnya pukul 11.40an lahirlah bayi perempuan dg bb 2,6 dan panjang 49cm. Lahir pervaginam dg bantuan vacum krna emaknya darah tinggi, dan ternyata tali pusatnya pendek, jd ngeden berkali2, tapi kaya semacam ketarik lagi ke dalam. Pertama kali ditawarin vacum sama dokter, saya nolak dulu, mau coba lagi. Tp ternyata spt itu terus, yaudah deh. Di episiotomi jg akhirnya, pdhal dr minggu 36an udah perineum massage. Dokternya jahitnya juga belum tuntas, buru2 jumatan. Trus diterusin sama bidan. 😂😭. 

Alhamdulillah, banyak yang bilang proses lahiran ini tergolong cepat dan lancar, apalagi untuk anak pertama. Saya percaya selain karna kemudahan yang diberikan Allah, tentu berkat pemberdayaan diri juga selama hamil. Meskipun ada juga ibu hamil yang selama hamil ya cuman tidur2an, males2an, nggak pernah olahraga, senam, ataupun yoga, nggak memberdayakan diri, pokoknya ngaliir gitu aja, eh pas lahiran lancar, cepet, tanpa jahitan pula. Ada? adaa. ini keberuntungan namanya.Yang sudah memberdayakan diri, olahraga, afirmasi, hypnobirthing, latihan nafas, prenatal yoga, dll, tapi ternyata pas proses lahiran ada kendala medis, hingga akhirnya harus cesar, ada? adaa? Yang namanya orang hidup kita nggak tahu bakal seperti apa hasilnya. Yang perlu kita lakukan hanyalah berusaha sebaik mungkin. Hope for the best, prepare for the worst. Itu yang sering suami saya bilang.Kalau kita sudah berusaha yang terbaik, kalaupun hasilnya tidak seperti yang diharapkan, paling nggak kita nggak akan menyesal, 'kemarin seharusnya saya begini, begitu', atau ' coba kemaren aku begini, pasti hasilnya nggak akan gini', dll. Soal hasil mah di luar kuasa kita. Sekali lagi sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dan berdoa. Allah yang menentukan.Saya percaya nggak ada usaha yang sia2. Tidak ada hasil yang menghianati usaha.

Jadi, selamat berdayakan diri bumil-bumil.  

Komentar

Postingan Populer