(Resume Kulwap) Penyakit Rongga Mulut dan Kelahiran Prematur

📝Resume Kulwap Grup *Arsitek Peradaban*

*PENYAKIT RONGGA MULUT DAN KELAHIRAN PREMATUR*

📆Jum'at, 24 Februari 2017


*BAGIAN 1. PROFIL NARASUMBER*


drg. Heryuntari Dian Cahyani


🏡Lahir: Magetan, 07 Januari 1987

Domisili saat ini: Banjarbaru, Kalimantan Selatan


Ibu 2 orang anak :

👦🏻Bilal Hamasah (36 bulan)

👧🏻Hannan Hamasah (12 bulan)


🚀Riwayat Pendidikan:

SD Sampung 2 Magetan-Jatim

SMP 1 Kawedanan -Jatim

SMA 1 Magetan -Jatim

S1 Kedokteran gigi Universitas Jember

Program Profesi dokter gigi Universitas Jember



🌏Riwayat aktivitas:

1.Rohis SMA 1 Magetan, Islamic Dentistry FKG UNEJ Senat Mahasiswa FKG UNEJ

2.dokter gigi PTT kemenkes daerah terpencil UPT PKM Tanjung Habulu-Tanah Laut -Kalsel (2014-2016)

3.dokter gigi PTT kemenkes daerah terpencil UPT PKM Beruntung Baru-Banjar -Kalasel (2016-...)


📱Kontak:

FB heryuntari dian c

Twitter dia_heryun

IG heyundece

Email heryundece@gmail.com



*BAGIAN 2. MATERI*


*PENYAKIT RONGGA MULUT DAN KELAHIRAN PREMATUR*


oleh : drg. Heryuntari Dian C


🚺Persiapan kehamilan

Kehamilan adalah fitrah yg istimewa bagi perempuan. Bagaimana tidak, melalui kehamilan Allah menitipkan cikal bakal peradaban pada perempuan, terhampar luas ladang pahala pada tiap prosesnya. Namun tak dipungkiri bahwa menjalani kehamilan bukanlah hal mudah. Ada banyak hal yg harus dipersiapkan baik persiapan fisik maupun psikis.

Salah satu persiapan fisik yg bisa dilakukan adalah melalui pemeriksaan kesehatan menyeluruh pada awal perencanaan kehamilan. Tak terkecuali pemeriksaan kondisi rongga mulut. Pemeriksaan rongga mulut juga diperlukan, karena pada masa kehamilan seorang ibu akan mengalami perubahan fisiologis  yg meliputi perubahan kardiovaskular, hematologi, respirasi maupun endokrin. Perubahan tersebut secara tdk langsung jg berpengaruh pada perubahan kondisi rongga mulut. Sehingga sering dijumpai beberapa penyakit rongga mulut pada ibu hamil antara lain penyakit periodontal (penyangga gigi), granuloma maupun karies gigi.


🏥Periodontitis dan kelahiran prematur


❓"Sejak hamil gusi saya kok sering berdarah ya  kalau sikat gigi?"


Itu salah satu pertanyaan yg sering muncul dr pasien bumil yg datang ke klinik gigi.


Peningkatan hormon kehamilan mempengaruhi kondisi mikroflora rongga mulut. Sehingga bumil lebih beresiko terkena penyakit gigi dan mulut. Periodontitis salah satunya.



▶Periodontits adalah penyakit peradangan  kronis pada jaringan periodontal (gusi, tulang alveolar, sementum, ligamen periodontal).

Gusi yang sering berdarah perlu dicurigai, jika hasil pemeriksaan lanjut menunjukan kerusakan yg melibatkan tulang ato jaringa periodontal lainnya maka penyakit ini disebut periodontitis.


➡Penyebab utamanya adalah bakteri plak, sedangkan karang gigi adalah faktor lokal utama yg mendukung terjadi periodontitis.


🚼Menurut WHO kelahiran prematur: jika bayi lahir <37mgg,  bayi berat lahir kurang jika berat bayi lahir <2500grm.


Banyak faktor resiko yg menyebabkan kelahiran prematur termasuk infeksi inflamasi sebagai penyebab utamannya. Dari bbrp penelitian menunjukan adanya hubungan antara infeksi dg klahiran prematur anatara lain: ↪ditemukannya bakteri maupun produknya dlm cultur cairan amnion

↪ adanya kelanjutan infeksi pada ibu dan bayi lahir prematur

↪pada percobaan antibiotik menunjukan perpanjangan masa kehamilan dan menurunkan kejadian kelahiran prematur.


Pada kasus periodontitis keradangan pada jaringan periodontal bersifat kronik dan penyebaran bakteri serta produknya melalui darah bisa menyebar hingga intrauterin kemudian menyebar pada rongga rahim. Bakteri serta produknya berinteraksi dg membran plasenta dan akan memicu kontraksi rahim bahkan mengganggu pematangan leher rahim dan menyebabkan robeknya membran plasenta sblm waktunya.



Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa pada kelahiran prematur ditemukan jumlah bakteri penyebab periodontitis lebih tinggi dibanding dengan kelahiran normal. Pada penelitian hewan coba juga menunjukan bakteri penyebab periodontitis menyebabkan kontraksi rahim. Hal tersebut menunukan adanya hubungan antara periodontitis dg kelahiran prematur.


Oleh karena itu pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sejak awal perencanaan kehamilan dan sepanjang masa kehamilan merupakan salah satu usaha menghindari terjadinya kelahiran prematur akibat periodontitis.


Semoga bermanfaat 🙏


📚📚📚📚📚📚📚📚📚📚


Sumber :

-Clinical Periodontology (Carranza)

-Pedoman pemeliharaan kesgilut bumil dan balita di fasilitas pelayanan kesehatan (kemenkes RI)


*BAGIAN 3. TANYA JAWAB*


1⃣Selamat pagi, adakah gelaja lain periodontitis selain gusi berdarah saat sikat gigi? Bagaimana pencegahan dan pengobatannya secara mandiri?



Lupita_Surabaya


Trimksh mbk lupita_surabaya.

Ada beberapa gejala yg muncul pd penyakit periodontitis. Seperti kegoyangan pd gigi,gusi secara klinis terlihat turun sehingga gigi terlihat lebih panjang dan bbrp gejala lain. Namun pemeriksaan secara menyeluruh pd kondisi rongga mulut perlu dilakukan. Karena periodontitis adalh penyakit keradangan yg melibatkan tulang penyangga gigi yg terdiri dr gusi, tulang alveolar, sementum,ligamen periodontal. Pada kondisi gusi yg berdarahpun TIDAK  selalu terdiagnosa sbg periodontitis,  bisa jadi hanya gingivitis (radang gusi) karena hanya melibatkan gusi tanpa melibatkan komponen periodontal lain yg sy sebut di atas.

Pencegahan bisa dilakukan dg melakukan kontrol plak yg tepat dan benar, ada baikanya untk pengobatan dilakukan oleh doktr gigi karena untk konsumsi obat secara oral tidak bisa menghilangkan periodontitis tanpa dilakukan perwatan langsung pd rongga mulut oleh doktr gigi✅


2⃣Bu Dokter, bagaimana cara merawat gigi yang baik dan benar?


Efi_ciputat


Salam kenal mbk efi_ciputat.

Perwatan gigi tidak bisa lepas dr perawatan rongga mulut secara keseluruhan. Karna gigi merupkn salah satu komponen  jaringan keras yg ada dlm rongga mulut, dimana keberadaanya dipengaruhi lingkungan rongga mulut. Tujuan dr perawatan gigi adalah menciptakan lingkungan rongga mulut yg seimbang yg menguntungkan gigi. Perwatan lokal bisa dilakukan kontrol plak dg sikat gigi minimal 2× sehari pagi setelah sarapan dan malam sblm tidur. Konsumsi makanan dg gizi seimbang dan menghindari makan makanan merugikan gigi (makanan manis,lengket, asam dll).

Lakukan kontrol periodik minimal 6bln sekali k dokter gigi✅


3⃣Salam bu dokter Heryuntari

Saat hamil saya sering sakit gigi, penyebabnya apa ya dok? Dan kenapa ibu hamil tidak boleh cabut gigi?

Terima kasih 😊


Rima Destiani_Kota Bandung


Salam kenal teh rima _di bandung

Seperti pemaparan dlm materi, bahwa kondisi kehamilan menyebabkan perubahan  fisiologi pd ibu hamil. Perubahan tsb jg mempengaruhi respon imun bumil, dimana hormon kehamilan menekan sistem imun. Begitu pula respon imun dlm rongga mulut, sedangkan komposisi mikroflora rongga mulut bumil mengalami be

perubahan..bisa jd microflora patogen lebih dominan. Sehingga bumil lbh rentan.

Bebrapa perubahan yg sy sebut di atas jg menjadi alasan kenapa pencabutan mrpkn kontraindikasi pd masa kehamilan. Selain itu kondisi vaskular yg meningkat pd bumil  dikahawatirkan menyebabkan penyebaran infeksi. Setelah pencabutan akan ada proses peradangan pd tahap penyebuhan jaringan.Hubungan infeksi, keradangan dan ibu hamil bs dilihat di materi.

Dr segi psikis jg dikhawatirkan pencabutan bs meningkatkan stress yg bs mempengaruhi kondisi janin✅


4⃣Selamat pagi dok, saya mau tanya, saya pernah mendengar kalau sakit gigi pada anak biasanya diturunkan dari ibunya, apa benar dok? Kalau benar itu kenapa ya dok?


Isti_ bekasi


Trimkah mbk isti di bekasi, pernyataan trsbt kurang tepat. Sakit gigi lebih disebakan oleh faktor lokal rongga mulut. Yang bisa dibenarkan adalah bahwa kondisi gigi geligi dan tulang rahang yg bs dirurunkan scr genetik,misalnya ukuran gigi geligi atau bentuk serta ukurn rahang✅


5⃣Saya baru tahu klo kesehatan gigi berpengaruh thdp kehamilan. Jadi utk mempersiapkan kehamilan, sebenernya apa saja yang harus dilakukan utk menjaga kesehatan gigi dan mulut? Baiknya berapa kali ya dalam setahun untuk pembersihan karang gigi? Terima kasih


Anges_Depok


Haii mbk ages di depok,

Dalm perencanaan kehamilan sebaiknya jg berjung k doktr gigi. Pemeriksaan rongga mulut bertujuan mendeteksi dini masalah yg ada di rongga mulut yg nantinya bisa mengganggu proses kehamilan. misalnya penambalan pd gigi yg berlubang, pencabutan pd gigi yg terindikasi dan melakukan scalling ato pembersihan karang gigi. Karena pd saat hamil hanya tindakan2 tertentu yg boleh dilakukan pd bumil, waktu tindakanpun jg dtentukan trimester kehamilan. Jadi alangkah baiknya jika melakukan perawt di awal, sehingga mslh kesgilut bs dihindari saat kehamilan. Kontrol periodik ke doktr gigi bs dilakukan min 6bln sekali✅


6⃣Mba mau tanya, 2 anak saya usia 2th dan 4th Gigi bagian atasnya sudah berwarna kuning dan terlihat rapuh..minum susu UHT ny termasuk banyak, bisa 500ml sehari, apakah hal tersebut karena pengaruh minum susunya atau dari asupan saat saya hamil ya dok?


nanda_palembang


Mbk nanda _pelembang. Warna coklat pd gigi menunjukan adanya karies gigi. Konsumsi susu tidak masalah asal kondisi kebersihan rongga mulut jg ttp terjaga. Minimal kumur2 stlh konsumsi susu.  Materi sebelumnya sy memaparkan  perawatan pd gigi susu. Bisa cek resume materi sblmya ya mbk😊👍


7⃣Selamat pagi. Apakah ada pengaruhnya pada bayi yang telah dilahirkan selain kelahiran yang prematur akibat penyakit mulut yang diderita ibu hamil?


Merla_Jatiasih


Salam kenal mbk merla _jatiasih

Jika penyakit  rongga mulut yg diderita ibu hamil tdk segera teratasi maka secara tdk langsung jg mempengaruhi kondisi janin. Misal jika kondisi gigi sisa akar yg indikasi pencabutan, karena kondisi kehamilan kontraindikasi pencabutan maka si ibu akan sering mengalami sakit gigi sblm gigi tsb dicabut. Kondisi sakit gigi bisa menurunkan selera makan sehingga asupan untk ibu hamil tdk maksimal. Blm lg jika terpkasa ibu hamil konsumsi obat secara oral. Kondisi2 trsbt dimungkinkan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin yg kurang optimal✅


8⃣Assalamu'alaikum bunda..

Apakah penyebab gigi depan anak renggang? bahkan ketika sudah copot & tumbuh gigi permanenennya tetap seperti itu..

Dan Apakah odol khusus balita aman jika tertelan?


Aisyah_Jakarta


Afwan sepertinya diluar tema ya bun😊🙏

Tp kalo sdh tdk ada pertanyaan yg sesuai tema hayuk aja


9⃣ pada saat usia kehamilan berapa bulankah Yg tepat bagi Ibu hamil bisa melakukan penambalan Gigi?? Dan apa yg harus dilakukan apabila gigi anak menguning? Warnanya bs kembali putih kah? Terimakasih sebelumnya


Riris_Jatiwaringin


Trimaksih mbk riris_jatiwaringin

Trismester ke 2 merupakan waktu aman untk melakukan tindakan perwatan gigi.

gigi anak yg berwarna kuning bisa terjadi karena berbagai kondisi, apakah karena karies atau kondisi flourosis sehingga membutuhkan pemeriksaan ke dokter gigi agar mendapat penanganan yg tepat✅


🔟Selamat siang dok.

Kalau selama hamil dan menyusui apa ada pengambilan Ca dari tulang dan gigi? Karena saya merasa gigi lebih cepat rapuh saat hamil dan ada yg patah saat menyusui.

Apa bisa memicu karies?

Berapa dosis Ca yg dibutuhkan selama hamil dan menyusui per hari?


Nidia - bogor


Mbk nidia di bogor

Ca secara fisiologis aktif dipertukarakan (remodeling:penghancuran dan pembentukan) di dlm tulang. Pada masa kehamilan kebutuhan kalsium meningkat pd ibu hamil trutama di trimestr ke 2. Karena pada masa itu pembentukan tulang pd janin dmulai.  Wanita pd umumnya memerlukan 1200mg/hr jika memasuki kehamilan +200mg.

Kondisi gigi yg mudah rapuh pd ibu hamil bs saja terjadi karena kurangnya asupan kalsium. Namun karies sendiri bukanlah penyakit yg terjadi oleh satu faktor dan dlm proses singkat. Lagi2 kondisi lingkungan secara lokal maupun sistemik memiliki andil besar dalm proses karies.Namun kondisi gigi yg rapuh bisa meningkatkan resiko karies gigi trsbt ✅

Komentar

Postingan Populer