(Resume Kulwap) Assalamualaikum Gigi Susu

🚼 *Resume Kulwap Grup Arsitek Peradaban* 🚼


Judul: Assalamu'alaikum Gigi Susu

Tanggal: 3 Februari 2017

Peresume: @fennyagriameidian


πŸ“‹πŸ“‹πŸ“‹πŸ“‹πŸ“‹πŸ“‹

*BAGIAN 1. PROFIL NARASUMBER*


drg. Heryuntari Dian Cahyani


🏑Lahir: Magetan, 07 Januari 1987

Domisili saat ini: Banjarbaru, Kalimantan Selatan


πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§‍πŸ‘¦ Ibu 2 orang anak :

πŸ‘¦πŸ»Bilal Hamasah (36 bulan)

πŸ‘§πŸ»Hannan Hamasah (12 bulan)


πŸš€Riwayat Pendidikan:

SD Sampung 2 Magetan - Jatim

SMP 1 Kawedanan - Jatim

SMA 1 Magetan - Jatim

S1 Kedokteran Gigi Universitas Jember

Program Profesi Dokter Gigi Universitas Jember



🌏Riwayat Aktivitas:

1.Rohis SMA 1 Magetan, Islamic Dentistry FKG UNEJ Senat Mahasiswa FKG UNEJ

2.Dokter gigi PTT kemenkes daerah terpencil UPT PKM Tanjung Habulu - Tanah Laut - Kalsel (2014-2016)

3.Dokter gigi PTT kemenkes daerah terpencil UPT PKM Beruntung Baru-Banjar - Kalasel (2016-...)


πŸ“±Kontak:

FB: heryuntari dian c

Twitter: dia_heryun

IG: heyundece

Email: heryundece@gmail.com



πŸ“πŸ“πŸ“πŸ“πŸ“πŸ“

*BAGIAN 2. MATERI*


*"Assalamualaikum Gigi Susu"*

Oleh: drg. Heryuntari Dian Cahyani


Kesehatan gigi dan mulut adalah bagian tak terpisahkan dalam tumbuh kembang anak. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa rongga mulut adalah gerbang utama dalam sistem pencernaan. Di dalamnya terdapat beberapa komponen yang memerlukan perhatian khusus agar anak-anak kita tumbuh dan berkembang secara optimal.


Apa saja yang ada di rongga mulut?


Komponen utmanya meliputi: Jaringan keras (gigi dan tulang), Jaringan lunak (gusi mukosa pipi dan bibir) dan Kelenjar ludah.


*#GIGI#*


Gigi merupakan jaringan keras dengan kandungan utama kalsium. Pembentukan benih gigi sudah dimulai sejak janin berusia sekitar 7 minggu dalam kandungan. Pertumbuhan dan perkembangannya melewati 3 tahap yaitu tahap pertumbuhan, tahap kalsifikasi dan tahap erupsi.

Tahapan erusi gigi susu berlangsung dari usia 6bulan-30bulan, dengan *urutan erupsi* sebagai berikut:

                                           

2 gigi seri pertama bawah (5-10bln)

4 gigi seri pertama dan ke dua atas (8-12bln)

2 gigi seri ke dua bawah (12-15bln)

4 geraham pertama atas dan bawah (12-16bln)

4 taring atas bawah (16-20bln)

4 geraham ke dua atas bawah (20-30bln)


Gigi susu berjumlah 20 buah, tumbuh seluruhnya di usia 2-5 thn. Para bunda tak perlu khawatir jika buah hati mengalami keterlambatan erupsi karena variasi erupsi beda 10-12 bln masih dikatakan normal.


*"Gigi susumu menentukan masa depan gigi tetapmu"*


Kenap demikian? Karena selain memiliki fungsi utama sebagi alat pengunyahan, gigi susu juga berperan dalam fungsi fonetik. Dan yang tak kalah penting adalah sebagai guide serta menjaga ukuran lengkung rahang sehingga memberikan ruang untuk pertumbuhan gigi tetap (dewasa).

Sehingga memperhatikan kesehatan gigi susu sangat berpengaruh pada pertumbuhan gigi tetapnya nanti. Namun pada kenyataanya sebagian masyarakat masih belum menyadari akan pentingnya merawat gigi susu. Hal tersebut dikarenakan masih adanya paradigma "toh nanti akan digantikan gigi dewasa".


Yang sering jadi pertanyaan adalah....KAPAN kita mulai MERAWAT GIGI SUSU?


Karena tahap pertumbuhan dan perkembangan gigi dimulai sejak dalam kandungan, maka perawatan gigi susu bisa dimulai sejak masa kehamilan. Asupan gizi seimbang dan konsumsi cukup kalsium mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan gigi. Selain itu pada saat kehamilan perlu dihindari konsumsi obat-obatan yang mempengaruhi dan mengganggu pertumbuhan serta perkembangan gigi.

Memasuki usia 0 bulan, gusi bayi bisa dibersihakan dengan kain atau kasa lembab tiap akan tidur malam. Saat gigi sudah mulai erupsi bisa dilakukan kegiatan menyikat gigi 2 kali sehari dengan kain, kasa lembab atau sikat gigi bayi. Saat memasuki usia 24bln bunda bisa menyikat dengan sikat gigi ukuran kecil dan mulai mengajari sikat gigi sendiri. Usia 24bulan juga usia yang tepat untuk mulai memperkenalkan anak dengan dokter gigi. Ke dokter gigi tak harus menunggu sakit gigi ya bun☺. Ciptakan penglaman menyenangkan saat kunjungan pertama ke dokter gigi. Cukup perkenalkan, dan nantinya jika anak membutuhkan perwataan ke dokter gigi anak sudah memiliki pengalaman sehingga anak lebih siap secara psikis.


Semoga bermanfaat


❓❔❓❔❓❔

*BAGIAN 3. SESI TANYA JAWAB*


1⃣Jenis konsumsi apa saja yg dapat mempengaruhi dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan gigi saat bayi masih dalam kandungan?

Serta faktor apa saja yang memicu tumbuhnya karang gigi?


Ranna_depok


Trimkasih mb Rana di Depok, pada masa kehamilan sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dg gizi seimbang sesuai dg angka kecukupan gizi. Vitamin dan mineral jg sangat dibutuhkan dlm proses pertumbuhan dan perkembangan agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Jika kekurangan zat tertentu maka akan terjadi gangguan pd proses tumbuh kembang, misalnya kekurangan vit A   gigi bisa mengalami kelainan bentuk. Kekurangan vit C akan berpengaruh pada kesehatan gusi ibu hamil dan jg berpengaruh pd proses pembentukan jar lunak rongga mulut pd janin. Kekurangan vit D, kalsium dan flour sangat mempengaruhi fase kalsifikasi pd proses pertumbuhan dan perkembangan gigi.

Adapun jenis obat yang harus dihindari adalah antibiotik golongan tetracyclin karena meyebabkan pewarnaan pd gigi (biasanya jika erupsi gigi akan berwarna abu-abu)

Pertumbuhan karang gigi dipengaruhi bbrp faktor lokal maupun sistemik. Faktor lokal trsbt antara lain letak gigi. Gigi yg dekat dengan saluran keluar kelenjar liur akan lebih mudah terbentuk karang gigi di situ (gigi geraham atas permukaan yg menghadap ke pipi dan gigi seri bawah permukaan yg menghadap ke lidah). Selain itu gigi yg berjejal jg sangat mudah untuk pembentukan karang gigi karena biasanya pembersihan kurang sempurna.

Faktor kebesihan rongga mulut personal sangat berpengaruh, misalnya cara menyikat gigi yang kurang tepat atau waktu menyikat gigi yg kurang tepat jg sangat mempengaruhi pembentukan karang gigi.

Sedangkan faktor sistemik lebih pada kondisi pasien dg kelainan sistemik yg berpengaruh pada komposisi saliva dan flow saliva sehingga berpengaruh pd pembersihan alami rongga mulut. Contohnya pada pasien dg diabetes. ✅


2⃣Bentuk sikat gigi seperti apakah yang cocok untuk bayi usia 9 bulan dengan 4 gigi seri atas dan 2 gigi seri bawah? Cukupkah dengan bentuk sikat gigi yang terbuat dari karet? ataukah sudah perlu yang berbulu sikat halus? Terimakasih


Nia_Serpong


Trimkasih mbk nia di serpong, untuk usia 9bln cukup dg sikat gigi bayi dg bahan lembut misalnya berbahan nilon. Ato cukup menggunakan kain atau kasa lembab ✅


3⃣bu dokter, anak saya usia 19m gigi depannya gingsul ke belakang atau tumbuh lg di belakang gigi depan, apa yang harus saya lakukan selain dicabut oleh dokter? karena saya ga tega kalau harus dicabut. Dan kapan gigi anak regenerasi ulang dengan gigi baru? Terima kasih


Zulfa_cairo


Trimakasih mb zulfa_cairo. Proses pergantian gigi susu ke gigi tetap akan dimulai seekitr usia 6 tahun diawali dengan tumbuhnya 2 geraham bawah tetap (dewasa) di belakan gigi geraham sulung. Kemudian usia 7/8 tahun akan terjadi pergantian pada gigi2 depan (seri atas maupun bawah) dimana proses pergantian akan ditandai dg adanya kegoyangan pd gigi susu. Pada kasus anak mbk zulfa tidak perlu dilakukan pencabutan karena usia masih jauh dr usia gihi pergantian, posisi yg lebih ke belekang ato lebih ke depan bisa dikoreksi saat memasuki usia gigi pergantian dg mendiskusikan dg dokter gigi, jikadr hasil pemeriksaan diprediksi akan menyebabkab gigi pengganti berjejal maka doktr gigi akan merencanakan pencabutan berurutan tanpa menunggu gigi goyang. Sblm   pd perencanaan tentu akan ada bbrp prosedur dan pemeriksaan penunjang misalnya rotgen foto dll. Jadi tak perlu khawatir dg kondisi gigi susu yg lebih ke depan ato ke belakang. Rahang masih trs berkembang dan pd usia 19bln semua gigi susu blm lengkap seluruhnya erupsi✅


4⃣ Saya mau tanya soal materi gigi susu. Anak saya saat ini usianya 26 bulan, giginya bagian atas agak maju/tonggos. Apakah bisa disebabkan karena anak saya minum susu pakai botol? Setelah gigi susunya tanggal/lepas nanti apakah posisi giginya bisa normal/ tidak maju lagi?


Ammi_Bekasi


Terimaksih mbk Ammi_bekasi. Betul sekali ada hubungan anatara pemeberian susu dg botol dg kondisi gigi geligi maupun pertumbuhan rahang. Kebiasaan menghisap jempol pun jg bisa menyebabkan gigi depan lebih maju. Biasanya kindisi gigi atau tulang rahang yg lebih maju bisa dikoreksi saat gigi pergantian baik dg perencanaan pencabutan berurutan atau jika kasus sdh pd kondisi melibtkan tulang akan dibantu piranti orthodonti✅


5⃣Assalamualaikum dok,

Makanan penunjang apa yg harus diberikan pada bayi saat dia tumbuh gigi susu?  Anak saya usia 10bln 10hari baru tumbuh gigi susunya dan cukup rewel,  makanan yg biasa dimakan gak mau, tp inginnya gigit2 benda yg keras, seperti sendok, gelas pas dikasih makan atau barang disekitar yg keras2.

Terima kasih


Nuryani_Jakarta


Trimkasih mbk nuryani_jakarta. Biasanya saat proses pertumbuhan gigi anak akan sering rewel bahkan kadang muncul gejala demam. Keinginan menggit -gigit benda keras trsbt adalah salah satu cara anak untuk mengurangi rasa nyeri karena proses pertumbuhan gigi. Untuk membantu mengurangi nyeri bunda bisa meberikan makanan yg didinginkan terlebih dl di lemari es, misalnya apel  yg terlebih dl didinginkan. Rasa dingin bisa membantu mengurangi membantu mengurangi nyeri✅


6⃣ Assalamualaikum wr wb, Dok saya mau tanya, anak pertama saya (3,5th) giginya seperti agak karies di bagian depannya, penyebabnya apa ya dok? Padahal rajin gosok gigi. Dan anak kedua saya (1th) gigi nya tumbuh agak jarang2, apakah nanti gigi dewasa nya akan tumbuh jarang juga dok? Terima kasih. Wassalamu'alaikum wr wb


Riska_Cinere Depok


Trimkasih mbk Riska_Cinere.

Karies adalah kasus yg paling sering ditemui pd anak2. Bbrp faktorbyg menyebabkan kaies 1) faktor  gigi itu sendiri. Karena secara anatomi gigi susu memiliki lapisan email yg lbh tipis terutama gigi seri atas.2)faktor diet'y makanan yg cenderung tinggi gula atau bersifat lengket mudah menyebabkan karies. 3)faktor lingkungan rongga mulut baik komposisi bakteri dalm rongga mulut maipun kualitas saliva sangat berpengaruh, kondisi rongga mulut yg cenderung asam memicu peroses karies. 4)faktor waktu..karies adalah proses pelubangan gigi melalui pelepasan kalsium gigi yg membutuhkan waktu lama dlm prosesnya.

Dr faktor2 trsbt bunda bisa menhkondisikan agar proses karies tdk berlangsung, salah satunya dg kontrol plak atulau sisa makanan dg sikat gigi. Siakat gigi hrs tepat cara maupun waktunya. Waktu yg tepat adalah sesusah sarapan dan sebelum tidur malam.

Kondisi gigi susu yg jarang2 itu adalah kondisi normal. Space antar gigi trsbt malah diharapkan karena nantinya gigi tetap sebagai gigi penggantinya memiliki ukuran lebih besar sehingga berjejal pd gigi tetap bisa dihindari✅


7⃣Anak saya 15mo giginya tumbuh 4seri atas pada usia 5-6 bulan.

Saat ini seperti sudah mulai terkikis lapisan luarnya (email *cmiiw) jd warnanya bukan putih susu tapi putih bening dan tipis.

Bagaimana cara perawatannya agar tidak semakin rusak? Apakah sudah boleh menggunakan pasta gigi anak2? Sejak kapan anak boleh menggunakan pasta gigi yg berflauride?


Corry_Cileungsi


Trmksh mbk corry_Cileungsi.

Yang bisa dilakukan bunda di rumah adalah ttp melakukan kontrol plak melalui sikat gigi minimal 2× sehari,dental flosing,atau kegiatan kumur2.Penggunaan pasta gigi boleh dilakukan karena pasta gigi cukup membantu dlm proses pembersihan permukaan gigi. Untuk pasta gigi berflouride sebaiknya bunda melakukan pemilihan yg tepat trhdp pasta gigi yg akan digunakan. Kandungan flour tiap pasta gigi di pasaran bermacam-macam. Pastikan pasta gigi pilihan bunda memiliki kadar flour sesuai batas konsumsi karena biasanya anak-anak tdk bisa menghindari tertelannya pasta gigi. Karena flour jika dikonsumsi berlebih malah menyebabkan flourosis yaitu kondisi gigi kelebihan flour sehingga malah mudah retak. Biasanya kondisi trsbt terjadi pd usia 3-8thn✅


8⃣Assalamualaikum..


Bu Dokter, mungkinkah gigi susu yg sudah rusak (gigi seri atas agak kekuningan) bisa kembali normal? bagaimana cara merawatnya? Dan bagaimana pertolongan pertama apabila anak sakit gigi?

Trmksh..


Bait_Bogor


Terimaksih mb bait _bogor.

Kondisi kekuningan pd gigi susu menandakan proses karies sdh berlangsubg, sehingga tdk bisa kembali ke kondisi normal. Namun ada perwatan untuk menghentikan kelanjutan proses karies trsbt, bunda bs mengajak anak ke doktr gigi.

Penanganan pertama saat anak sakit gigi adalah melakukan pembersihan dg kumur2 atau sikat gigi. Karena rasa sakit biasanya berasal dr gigi yg karies atau berlubang, selanjutnya  bunda bisa memberikan obat pereda nyeri sesuai usia dan sebaiknya segera bawa ke dokter gigi agar mendapat perawatn lebih lanjut. Karena obat pereda nyeri yg dikonsumsi secara oral hanya membantu meredakan sementara dan tidak berfungsi memperbaiki kondisi gigi jika tidak dilakukan tindakan  langsung ke gigi trbt oleh doktr gigi✅


9⃣bagaimana perawatan utk anak yg giginya sudah ada lubang kecil? Dan bagaimana supaya tidak bertambah parah?


Nurina_Semarang


Terimakasih mbk nurina_semarang. Bunda bisa mengajak anak ke dokter gigi agar segera tertangani dan prosesnkaries segera terhenti. Karena jika lubang bertambah dalam atau besar perawatan untk gigi tesbt lebih komplek sehingga membutuhkan waktu lama (tdk bisa sekali kunjungan)✅


πŸ”ŸAnak saya usia 4,5thn.

Gigi depan sudah keropos. Kira kira nanti ketika akan tanggal cara lepasnya bisa kah dengan sendirinya? Karena kakak nya saat tanggal, kami bantu sedikit ketika sudah goyang. Dan apa resiko saat gigi anak sering sakit dan dicabut sebelum Waktunya tanggal?

Terimakasih bu dokter dan bu fenny.


Eka-Bekasi


Terimakasih mbk Eka_bekasi. Gigi yg sdh keropos dan mungkin hingga kehilangan mahkota gigi sebaiknya pencabutan dilakukan di dokter gigi. Pada umumnya gigi tersebut tdk bisa tanggal dg sendirnya..jika sampai gigi pengganti sudah waktunya erupsi gigi tersebut akan terdesak atau meghalangi gigi tetap sehingga bisa mempengaruhi letak tumbuh gigi pengganti.

Jika anak sering sakit gigi juga akan berpengarh pd asupan gizi anak yg kurang maksimal. Karena rasa nyeri pd gigi membuat anak susah makan.

Pencabutan gigi sebelum waktunya tanggal akan berpengaru ke ukuran lengkung rahang dan berpengaruhbpd letak tumbuhnya gigi-gigi pengganti.✅


1⃣1⃣Bu dok, anak saya usianya 5y8m.. kelengkapan gigi susunya masih kurang satu, yaitu di bagian gigi seri atas, sedangkan slot digusinya itu bisa dbilang udah full.

Pergi ke dua dokter gigi dlm waktu yg berbeda, saya tanya apa perlu dicabut gigi sampingnya (karena memang sudah ompong) untuk memberi jalan gigi yg belum tumbuh itu, mereka bilang tidak apa2,  apalagi usianya belum 6 tahun.

Pertanyaannya apa benar hal ini tidak berpengaruh dengan pertumbuhan gigi tetapnya nanti? dan apa sebenarnya yg menjadi penyebab gigi yg sembunyi itu ya dok? Terimakasih.


Eka_Kotabaru-Kalsel


Trimaksih mbak Eka_Kotabaru

Betul memang bun, tdk perlu dilakukan pencabutan sblm memasuki usia gigi pergantian. Tidak bisa tumbuhnya gigi yg tersembunyi memerlukan pemeriksaan lebih lanjut yaitu dg rotgen foto, untuk mengetahui  penyebab tidak tumbuhnya gigi tersebut. apakah gigi yg tidak tumbuh itu karena terhalang atau memang tidak ada benih giginya.

Untk penyebabnya bisa faktor genetik atau faktor gangguan pertumbuhan dan perkembangan saat mash dalam kandungan✅


πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’

BAGIAN 4. BEST QUOTE* :

Terus semangat dan jaga kesehatan...karena anak kita tak butuh orang tua sempurna..mereka butuh bunda yang bahagia dan ceria. Jangan lupa senyum lebarnya hari ini. SALAM GIGI 😊

Komentar

Postingan Populer